BERITA : Dies Natalis Ke-67 Universitas Andalas "Akselerasi Inovasi dan Kreasi Untuk Kedjajaan Bangsa"

Universitas Andalas memperingati Dies Natalis ke-67 tahun yang mengusung tema "Akselerasi Inovasi dan Kreasi Untuk Kedjajaan Bangsa" pada Rabu, (13/9/23). Acara tersebut digelar dari pukul 08.00 WIB di Gedung Convention Hall, Kampus Limau Manis Padang. Kampus tertua pertama di Sumatra ini telah didirikan sejak 13 September 1956 silam.


Dies Natalis Ke-67 Unand, Convention Hall Limau Manis


Acara Dies Natalis dihadiri oleh seluruh civitas akademika, mulai dari mahasiswa/i, dosen, tenaga didik (Tendik), alumni, dan keluarga besar Universitas Andalas, serta tamu undangan lain yang turut hadir.


Dalam kemajuan dan kesuksesan, ada peran setiap orang didalamnya, bukan hanya stakeholder yang ada didalamnya. Alumni pun memiliki peran yang sama dalam kesuksesan tersebut.


"Tanggung jawab itu tidak hanya diemban oleh kita yang berada di kampus atau almamater. Tetapi alumni juga punya peran yang sama besar. Apalagi dengan Unand menjadi PTNBH," ujar Rektor Universitas Andalas, Prof. Dr. Yuliandri, S.H., M.H.


Dalam laporan kinerja Universitas Andalas, berdasarkan Indeks SINTA (Science and Technology Index), Unand berada pada posisi 11 Nasional.


Anugerah Dikti Ristek 2022, Unand berhasil meraih dua penghargaan dalam ajang Anugerah Diktiristek Tahun 2022, yakni Kategori PTNBH Terbaik pada Institusi dengan jumlah perolehan 'Paten dan Paten Sederhana' terbanyak periode tahun 2020-2022. Kemudian Silver Winner kategori PTNBH pada pertumbuhan IKU 6 Terbaik.


Laporan Kinerja Universitas Andalas Tahun 2023


Apresiasi terhadap inovasi Unand untuk rakyat Indonesia melalui kerjasama Unand dengan PT. Kudo Indonesia Jaya dan telah diakui KPU RI, meluncurkan Tinta Pemilu 2024 berbahan baku organik dari Gambir. Tinta Pemilu 2024 tersebut akan disebarkan untuk 90% provinsi di Indonesia. Inovasi anak bangsa ini akan digunakan di enam zona, yakni 35 provinsi di Indonesia dengan sekitar 981 ribu botol disebar ke setiap tempat pemungutan suara (TPS).


Dalam video sambungan jarak jauh bersama Gubernur Sumatra Barat, H. Mahyeldi Nasrullah, S.P. menyampaikan, "Saya yakin Universitas Andalas mampu untuk menjadi contoh bagi lahirnya inovasi-inovasi."


Dalam wawancara singkat bersama salah satu Dosen Universitas Andalas, Dr. Mery Ramadani, S.K.M., M.K.M. menyampaikan, "Universitas Andalas dikenal sebagai universitas tertua diluar pulau Jawa. Itu kita berharap tertuanya sebagai panutan, sebagai contoh."


Beliau berharap kedepannya, Universitas Andalas dapat menjadi contoh bagi seluruh universitas yang ada di Indonesia.
"Dan dalam waktu dekat ada pemilihan rektor baru. Kita berharap sosok ke depan ini, calon rektor ini bisalah pembangunan lebih bergerak maju," lanjutnya. 


Zerly Affi Walti dan Dhea Amelia
UKPM Pena KM FKM Unand
Generasi Arunakara


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama