BERITA : PJTD dan Perak UKPM Pena KM FKM Unand

Sejumlah pengurus UKPM Pena KM FKM Unand mengikuti Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) yang diselenggrakan pada hari Sabtu, tanggal 13 Mei 2023 di gedung F2.5 Universitas Andalas Limau Manis, Padang. Dilanjutkan dengan Pelatihan Redaksi (PERAK) yang dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 18 Mei 2023 di ruang kelas lantai 3 gedung Laboratorium FKM Unand.

Dokumentasi Kegiatan Pelatihan Redaksi UKPM Pena KM FKM Unand


Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) dan Pelatihan Redaksi (PERAK) merupakan salah satu program kerja dari divisi Human Resource Development (HRD)  UKPM Pena KM FKM Unand. Dimana Muhammad Arif Saputra diamanahkan sebagai ketua pelaksana di acara PJTD dan PERAK. Pada kegiatan PJTD ini mengangkat tema “Bersinergi Wujudkan Jurnalis Muda Harapan Bangsa”. Sementara pada acara PERAK mengangkat tema  “Create A Great Work with Perfect Writing”. 


“Manfaat dari mengikuti kegiatan PJTD sesuai dengan namanya sendiri, yaitu pelatihan jurnalistik tingkat dasar. Latihan jurnalistik tingkat dasar ini membantu Pengurus UKPM Pena dalam kegiatan jurnalistik awal, sehingga pengurus kepentingan dapat menerapkan kemampuan jurnalistiknya dalam meliput suatu berita ataupun dalam hal yang berhubungan dengan jurnalistik lainnya. Dan, kemudian manfaat dari acara perak, yaitu pelatihan redaksi yang berfungsi untuk memperbaiki maupun melatih bagaimana cara Pengurus UKPM Pena dalam menulis redaksi dan juga penulisan berita, maupun dalam kehidupan sehari-hari. Tujuannya sama dengan pengertian acara tersebut untuk melatih Pengurus UKPM PENA menjadi lebih baik kedepannya,” tutur Ketua Pelaksana acara PJTD dan PERAK, Muhammad Arif Saputra.


Dengan dihadirkan pemateri luar biasa, yaitu Fachri Hamzah. Seorang jurnalis dari Aliansi Jurnalis Indpendent (Aji) Padang, dan Andreas Mazland. Azra Khairunnisa sebagai sekretaris pada acara ini juga mengungkapkan harapan dengan diadakannya PJTD dan PERAK ini, “Harapan kedepannya tentu saja dari pelatihan ini para pengurus dapat memperoleh ilmu dan pengalaman yang luar biasa agar dapat bermanfaat selama menjalankan kepengurusan di Pena ataupun kegiatan di luar pena. juga harapan untuk pelaksanaan PJTD-PERAK di tahun berikutnya dapat lebih baik dari tahun ini dan tahun tahun sebelumnya,” tuturnya.


Acara ini berjalan dengan lancar. Di akhiri dengan pemberian penugasan oleh panitia kepada seluruh Pengurus UKPM Pena berdasarkan materi yang telah disampaikan dan dibahas langsung oleh pemateri yang luar biasa. Namun, Muhammad Arif Saputra selaku Ketua Pelaksana juga menyampaikan kendala terkait kegiatan ini.


“Kendala yang didapatkan dari acara saat ini tentunya tidak ada acara yang perfect, kenal awal, yaitu pada hari pertama. PJTD mengalami masalah sound system dan juga di hari kedua memiliki masalah sound system. Saya harap kedepannya permasalahan terkait sound system ini dapat lebih ditangani dengan lebih baik agar sound system tersebut bisa dipakai. Untuk kendala sepertinya hanya itu saja tidak ada lagi kendala yang krusial yang mengganggu jalannya acara,” tuturnya di akhir wawancara.


Dina Sartika dan Nahda Fitry Ayendra

UKPM Pena KM FKM Unand

Generasi Arunakara


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama