BERITA : Pra-Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar UKPM Pena BEM KM FKM Unand 2023

UKPM Pena BEM KM FKM Unand Gelar Pra-Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar


Jumat (17/03/2023), sejumlah pengurus UKPM Pena BEM KM FKM Unand mengikuti Pra-Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (Pra-PJTD) yang diselenggarakan di Gedung Kelas B 2.2. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menambah wawasan dan pengalaman terhadap pengurus UKPM Pena BEM KM FKM Unand terkait pembuatan berita. Dan, sebagai pembekalan dalam meliput berita, sebelum PJTD yang akan dilaksanakan pada bulan Mei nanti.

Sumber : Dokumentasi UKPM Pena

Adapun rangkaian dari kegiatan ini, diantaranya pembukaan oleh MC,  pembacaan ayat suci Al-Qur'an, sambutan Pimpinan Umum UKPM PENA, pembacaan doa, penyampaian materi, sesi tanya jawab, kuis, hingga diakhiri oleh penutupan dengan dokumentasi bersama. Laporan Pimpinan Umum oleh saudari Shinta Bella selaku perwakilan Pimpinan Umum UKPM Pena BEM KM FKM Unand. Dalam pelaporan, disampaikan bahwa kegiatan Pra-Pelatihan Jurnalistik diharapkan mampu diikuti dengan serius oleh seluruh pengurus dan menambah wawasan mengenai jurnalistik.


“Kegiatan Pra-Pelatihan Jurnalistik ini bisa menjadi salah satu momen bagi pengurus UKPM Pena untuk menambah ilmu pengetahuan tentang dunia tulis menulis. Jadikanlah kegiatan Pra-Pelatihan Jurnalistik sebagai pemicu untuk berani menjadi jurnalis yang hebat di masa mendatang. Untuk itu, kepada pengurus nanti diharapkan mampu mengikuti kegiatan ini dengan serius dan mampu memahami semua materi yang akan disampaikan oleh pemateri kita nanti. Jika ada yang kurang mengerti atau belum dipahami, jangan lupa untuk bertanya langsung kepada pemateri nanti,” tutur Shinta Bela. 


Pelatihan Pra-PJTD merupakan Program Kerja dari Divisi Human Resource Development (HRD) yang ada di UKPM Pena BEM KM FKM Unand. Hal itu disampaikan juga oleh saudari Shinta Bella dalam sambutannya.


“Pra-Pelatihan ini sengaja kita lakukan untuk melatih pengurus dalam menulis berita serta memberikan pembekalan kepada pengurus sebelum menghadapi pelatihan jurnalistik tingkat dasar (PJTD) nanti, sehingga di pelatihan ini, diberikan materi 'Dasar Jurnalistik' terutama untuk divisi HRD yang kebetulan memiliki program kerja Pelatihan Jurnalistik,” ujar Shinta sapaan akrabnya.


Pra-Pelatihan ini menghadirkan narasumber langsung dari Mahasiswi program studi Ilmu Kesehatan Masyarakat angkatan 2020, Yolla Dwi Fitri, yang merupakan Pimpinan Redaksi UKPM Pena BEM KM FKM Unand periode 2022. Pada kali ini, beliau membawakan materi dengan judul “Cara Dasar Membuat Berita”.


Materi yang disampaikan merupakan gambaran dasar mengenai jurnalistik. Dalam kegiatan tersebut, Yolla Dwi Fitri mengenalkan ke para peserta tentang jurnalistik dari dasar-dasarnya. Pembahasan dimulai dari pengertian berita, syarat umum berita, cara membuat berita yang baik dan benar, cara berkomunikasi dan menggunakan bahasa, teknik menulis, hingga menjadi sebuah berita yang layak dibaca oleh  khalayak umum. 


Beliau berharap, pelatihan jurnalistik ini dapat rutin diselenggarakan setiap pergantian kepengurusan sebagai upaya penyegaran dan penambahan wawasan kepada semua pengurus mengenai dunia jurnalistik. Beliau menilai, semua orang dapat menulis, namun belum tentu dapat menjabarkan informasi secara akurat, cepat, dan sesuai kaidah jurnalistik.


“Semua orang pasti mampu menulis dan merangkai berita, tapi terkadang informasi dari berita yang disampaikan itu hanya diperuntukkan untuk kepuasan pribadi dan hanya mementingkan diri sendiri aja. Seharusnya, informasi dari berita tersebut harus didapatkan melalui wawancara terlebih dahulu kepada narasumbernya. Selain itu, berita yang dibuat harus bersifat netral, jangan ada yang berpihak diantara dua kubu ataupun kelompok sehingga berita yang disampaikan tidak menyebabkan perselisihan dan perpecahan antar masyarakat. Dan diperhatikan juga, ketika membuat dan meliput berita, kita sebagai jurnalistik harus memahami dan memperhatikan kode etik yang dimiliki oleh jurnalistik selama bertugas. Jangan asal-asalan saja dalam bertugas sebagai seorang Jurnalis,” ujar Yolla Dwi Fitri, diakhir penyampaian materinya.


Mazaya Aurellia Ghaisani, salah satu peserta pelatihan jurnalistik juga berharap kelak dia dapat menjadi jurnalis yang berkualitas, “Selama mengikuti pelatihan tadi, saya diajarin dengan mempelajari berbagai teknik dalam penulisan berita agar tulisan yang dibuat layak 'tayang' dan menjadi seorang jurnalis handal. Selama mengikuti kegiatan tadi, saya mendapatkan banyak ilmu yang bermanfaat selama penyampaian materi oleh kak Yolla.  Pra-PJTD ini sangat menarik dan saya lihat teman-teman cukup antusias mengikutinya, meskipun ada beberapa kekurangannya selama kegiatan tadi,” harapnya.


Dengan adanya Pra-Pelatihan Jurnalistik diharapkan mampu mendorong, membekali, dan meningkatkan kapasitas kepenulisan seluruh pengurus UKPM Pena BEM KM FKM Unand. Pra-Pelatihan Jurnalistik diharapkan juga dapat mengembangkan kualitas artikel  dan meningkatkan reputasi atau mutu UKPM Pena BEM KM FKM Unand di bidang Jurnalistik.


Muhammad Gusri Kurniadi Saputra

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Arunakara 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama