BERITA [Pena Expo 2022: Narasikan Jiwa dengan Rangkai Sastramu Serta Warnai Dunia dengan Warnai Karyamu]

 


Telah diselenggarakan acara Pena Expo UKPM Pena BEM KM FKM Unand 2022 pada hari Sabtu, tanggal 5 November 2022 secara daring melalui platform Zoom Clouds Meeting dengan mengusung tema “Narasikan Jiwa dengan Rangkai Sastramu Serta Warnai Dunia dengan Warnai Karyamu”. Pena Expo merupakan salah satu lomba jurnalistik nasional yang diikuti oleh mahasiswa/i perguruan tinggi dan siswa SMA/MA sederajat seluruh Indonesia, dengan pembagian 4 cabang lomba untuk mahasiswa perguruan tinggi, antara lain lomba cipta puisi, lomba cipta cerita pendek, lomba pembuatan opini dan lomba membaca berita. Untuk siswa SMA/MA terdiri dari 2 cabang lomba, antara lain lomba cipta cerita pendek dan lomba cipta puisi. Acara ini dimulai sejak pukul 08.00-10.15 WIB.

Rangkaian pelaksanaan lomba jurnalistik Pena Expo 2022 UKPM Pena BEM KM FKM Unand telah dimulai sejak tanggal 15 September 2022 lalu yang diawali dengan tahap pendaftaran oleh peserta dari seluruh Indonesia. Kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan karya hingga penilaian karya oleh dewan juri. Kemudian untuk pengumuman pemenang, acara diselenggarakan melalui Zoom Clouds Meeting.

Acara diawali dengan pembukaan oleh MC secara formal oleh Nabila Westi, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Selanjutnya berbagai kata sambutan dimulai dari Ketua Pelaksana Pena Expo 2022, Pimpinan Umum UKPM Pena BEM KM FKM Unand, Gubernur KM FKM Unand, Pembina UKPM Pena BEM KM FKM Unand, dan kata sambutan oleh Wakil Dekan I KM FKM Unand sekaligus pembukaan acara pengumuman pemenang Lomba Jurnalistik Nasional Pena Expo UKPM Pena BEM KM FKM Unand 2022.

 


Pengumuman pemenang diawali dengan cabang lomba opini, dilanjutkan dengan cabang lomba pembacaan berita, kemudian kemudian cabang lomba cerpen dan terakhir pengumuman pemenang cabang lomba cipta puisi yang masing-masing terdiri dari tiga juara per cabang lomba. Pemenang berasal dari berbagai perguruan tinggi dan sekolah yang ada di seluruh Indonesia. Salah satu pemenang pembacaan berita mengungkapkan kebahagiaannya setelah berhasil mendapat juara,

"Saya sudah mempersiapkan kemenangan ini dan yakin bisa menang, alhamdulillah bisa bawa pulang hadiah dari Pena Expo 2022" ujarnya.

Salah satu peserta Pena Expo 2022 turut mengungkapkan kesannya terhadap acara Pena Expo 2022,

"Pena Expo keren, juri-jurinya berasal dari orang profesional, hadiahnya cukup menarik, panitia juga sukses membawa acara. Semoga Pena Expo tahun depan makin menarik!" tukasnya saat diwawancarai via WhatsApp.

Acara kemudian di tutup dengan sesi dokumentasi setelah sesi penyerahan hadiah secara simbolis kepada para pemenang tiap cabang lomba.

 

Yolla Dwi Fitri

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Gemerasi Aksatawani


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama