BERITA [Seminar Kepenulisan Nasional 2022 Hadirkan Penulis Terkenal dan Dihadiri oleh Peserta dari Seluruh Indonesia]

 


Seminar Kepenulisan Nasional 2022 yang diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Pers Mahasiswa Pena Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas (UKPM Pena BEM KM FKM Unand) pada hari Minggu, 16 Oktober 2022 pukul 07.30 WIB berlangsung megah bersama peserta yang berasal dari seluruh Indonesia. Seminar Kepenulisan Nasional kali ini mengusung tema "Ambil Penamu untuk Wujudkan Alur Cerita Duniamu" bersama pemateri yang luar biasa, yaitu Leila S. Chudori yang merupakan penulis novel terkenal dengan karya-karyanya antara lain, Laut Bercerita, Pulang, 9 dari Nadhira, dan masih banyak lagi.

Melalui platform Zoom Clouds Meeting, Seminar Kepenulisan Nasional yang membahas materi menarik terkait “Langkah Awal Menulis” yang disampaikan langsung oleh Leila S. Chudori berlangsung lancar dan mendapat respon yang sangat antusias oleh seluruh peserta yang telah hadir.

Pembukaan seminar diawali dengan berbagai rangkaian pembuka seperti kata sambutan oleh Ketua Pelaksana Seminar Kepenulisan Nasional UKPM Pena 2022 Annora Febrianti, kata sambutan oleh Pimpinan Umum UKPM Pena BEM KM FKM Unand Periode 2022 Leny Chania Putri, kata sambutan Gubernur KM FKM Unand Naufal Agil Nasher, kata sambutan Pembina UKPM Pena BEM KM FKM Unand Bapak Aulia Rahman, S.K.M., M.K.M., dan kata sambutan sekaligus pembukaan seminar secara resmi oleh Wakil Dekan I Fakultas Kesehatan Masyarakat, yaitu Bu Ade Suzana, M. Comm Health Sc., Ph.D..

Kemudian acara langsung masuk kepada kegiatan inti, yaitu penyampaian materi oleh Leila S. Chudori yang berlangsung selama 45 menit dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab bersama seluruh peserta. Dalam sesi tanya jawab, beliau kembali mengungkapkan tahap-tahap dan inspirasi selama menulis novel-novelnya yang terkenal se-Indonesia. Mulai dari tahap paling dasar hingga tahap ketika kita sudah berada di fase mulai menulis untuk menciptakan sebuah buku.

Pemateri, Leila S. Chudori mengaku bahagia karena bisa mengisi bagian pemateri pada kegiatan Seminar Kepenulisan Nasional kali ini, sebagaimana ungkapannya yang menyatakan bahwa ia sendiri sangat antusias bila bisa bertemu dan sharing bersama peserta yang kebanyakan merupakan mahasiswa-mahasiswi dari seluruh Indonesia.

Diketahui pula, bahwa ada salah satu peserta asal luar negeri yang turut hadir untuk bertemu dan mendengarkan langsung materi oleh penulis terkenal 'Laut Bercerita' tersebut. Dalam akun sosial medianya yang berdomisili di Selandia Baru, beliau mengungkapkan bahwa sangat kagum dengan pemateri pada seminar kali ini, beliau juga berharap suatu saat dapat bertemu secara langsung dan ingin mendapat tanda tangan pada novel yang ia miliki karya Leila S. Chudori selaku pemateri Seminar Kepenulisan Nasional UKPM Pena BEM KM FKM Unand 2022.

Salah satu peserta umum asal Jambi, turut mengungkapkan kesannya setelah mengikuti Seminar Kepenulisan 2022. Ia mengaku mengikuti Seminar Kepenulisan 2022 karena memang cukup kagum dengan karya-karya oleh Leila S. Chudori sebagaimana ungkapannya yang disampaikan pada wawancara via WhatsApp,

"Saya tertarik mengikuti seminar ini karena tertarik oleh pembicara seminar ini yang memiliki karya-karya yang sangat hype, jadi saya ingin belajar langsung dari beliau. Selain itu, saya juga memiliki minat di bidang kepenulisan" ungkap Tiara, peserta umum asal Jambi.

Menurut peserta, seminar dapat berjalan dengan baik dan mengesankan karena memiliki panitia yang hebat dan mampu menjalankan acara dengan baik hingga akhir acara, sebagaimana penuturan salah satu peserta,

"Pelaksanaan seminar hari ini sangat baik, berhasil mendatangkan pembicara yang karyanya sangat dikenal. Sukses terus buat panitia yang telah berhasil mengangkatkan acara" ujar salah satu mahasiswa asal Universitas Brawijaya selaku peserta seminar.

Setelah penyampaian materi dan sesi tanya jawab, acara dilanjutkan dengan sesi penampilan bakat oleh salah satu Pengurus UKPM Pena BEM KM FKM Unand yang membawakan lagu akustik di ruang Zoom dan disaksikan oleh seluruh hadirin. Usai penampilan bakat, dilanjutkan dengan sesi games, kemudian acara pun ditutup oleh Master of Ceremony Seminar Kepenulisan Nasional UKPM Pena BEM KM FKM Unand 2022.

 

Yolla Dwi Fitri

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Aksatawani

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama