BERITA [Memeriahkan Hari Cuci Tangan Sedunia, HIMA IKM Unand Kembali Menggelar Public Health Competition 2022]

Padang (15/10/2022) - Divisi Kajian Strategis Himpunan Mahasiswa (HIMA) Keluarga Mahasiswa (KM) Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Andalas (Unand) telah menyelenggarakan acara Public Health Competition (PHC) dengan mengangkat tema: “Create the Creativity from Great Quality of Washing Hands”. Public Health Competition merupakan acara perlombaan tingkat nasional tahunan yang digelar dalam rangka memperingati hari cuci tangan sedunia yang diwadahi oleh HIMA IKM KM FKM Unand.  PHC tahun ini menghadirkan 5 cabang lomba yaitu essay, poster, fotografi, video edukasi kesehatan, dan cover jingle kesehatan yang dapat diikuti oleh siswa/i SMA hingga kalangan umum se-Indonesia.

Kegiatan ini diselenggarakan secara hybrid, yaitu secara luring di Gedung Seminar I Universitas Andalas dan daring via Zoom Meeting. Dalam acara ini turut hadir Wakil Dekan I FKM Unand, Ibu Ade Suzana Eka Putri, S.K.M., M.CommHealth. Sc. Ph.D., Pembina HIMA IKM KM FKM Unand, Ibu Dr. Mery Ramadhani, S.K.M., M.K.M., Gubernur KM FKM Unand, panitia, Badan Pengurus HIMA IKM, dan peserta PHC yang berjumlah 66 orang.

Acara dimulai pada pukul 08:45 WIB yang diawali dengan pembukaan oleh Master of Ceremony (MC) yaitu Maulana Muhammad Noer dan Sausan Ramadhani Syakura. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Al-Qur’an, laporan ketua pelaksana, kata sambutan Ketua HIMA IKM, Ketua DPA HIMA IKM, Gubernur KM FKM, Pembina HIMA IKM, Wakil Dekan I FKM Unand, dan pembacaan doa. Sesi formal Acara PHC kemudian ditutup oleh MC dan dilanjutkan dengan sesi non-formal yang dipandu oleh Dara Dinanty dan Dzakhira Indria Syafitri

 


Sesi non-formal diawali dengan pengumuman dan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba PHC, dimulai dari lomba cover jingle kesehatan, diikuti dengan essay, fotografi, video edukasi kesehatan, dan poster. Adapun setiap sesi pengumuman diselingi dengan acara menarik lainnya seperti penampilan puisi, song performance, dan penayangan video edukasi kesehatan yang membuat acara terasa semakin meriah. Acara kemudian diakhiri dengan penutupan oleh MC non formal disertai dengan foto bersama.

“PHC ini merupakan salah satu event besar yang ada di IKM yang diikuti oleh seluruh institusi dan Universitas yang ada di Indonesia. Seperti kita tahu, untuk peserta sekarang Alhamdulillah diikuti oleh lebih 30 institusi dan di dalamnya juga ada dari tingkat SMA” Ungkap ketua HIMA IKM, Zil Mahendra Periode 2022.

Kemudian Miftahul Jannatul Husna selaku ketua pelaksana PHC 2022 juga menyampaikan harapan dan pesannya untuk acara PHC tahun berikutnya di akhir wawancara.

“Semoga PHC tahun depan lebih inovatif lagi daripada tahun ini dan semoga pesertanya bertambah lagi dan lebih luas lagi. Semoga dengan adanya acara ini, semua peserta panitianya dapat peduli akan pentingnya cuci tangan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.”



Afifah Salsabila dan Caroline Anggi Sophia

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Aksatawani


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama