BERITA [Program Membangun Desa FKM Unand: Pertemuan Perdana Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Unand dengan Kepala Camat dan Pengurus Lainnya di Kantor Camat Padang Selatan]


Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Membangun Desa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas yang diikuti oleh Mahasiswa Kesehatan Masyarakat semester 5 peminatan Kesehatan, Keselamatan, Kerja dan Kesehatan Lingkungan (K3KL), Promosi Kesehatan (Promkes), dan Kesehatan Reproduksi (Kespro), pada Senin, 17 Oktober 2022 pukul 14.15 WIB telah mengadakan pertemuan perdana dengan pihak Kecamatan Padang Selatan. Acara ini dihadiri oleh Mahasiswa Kesehatan Masyarakat FKM Unand semester 5 peminatan K3KL, Kespro dan Promkes, Kepala Camat Padang Selatan, Kepada Bidang P2P Kota Padang, Kepala Puskesmas Rawang Kelurahan Mata Air, Lurah Mata air, Lurah Batang Arau, Wakil Dekan 1 FKM Unand, Ketua LPM Kelurahan Mata Air dan beberapa Dosen FKM Unand serta beberapa pengurus di Kecamatan Padang Selatan. Kegiatan ini diisi dengan penyambutan dari pihak Kecamatan Padang Selatan, diskusi terkait permasalahan kesehatan apa saja yang terjadi, dan harapan dari pihak Kecamatan Padang Selatan terkait kegiatan Membangun Desa dari Mahasiswa FKM Unand. 

Kegiatan MBKM dengan Proyek Membangun Desa ini dilakukan untuk membangun kesejahteraan di masyarakat termasuk kesehatannya dengan harapan perilaku masyarakat dapat berubah menjadi lebih baik dan meningkatkan kesehatan di masyarakat. Dengan sistem mahasiswa kesehatan masyarakat yang melakukan pengabdian kepada masyarakat khususnya di bidang kesehatan di Kecamatan Padang Selatan.

Kegiatan ini dimulai dengan pembukaan dari Wakil Dekan I FKM Unand, kemudian dilanjutkan dengan penyambutan dari Kepala Camat Padang Selatan atas kehadiran dari Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat dan harapan untuk kegiatan Pengabdian Membangun Desa ini, dilanjutkan dengan pemaparan masalah kesehatan dari Kepada Bidang P2P Kota Padang dan Kepala Puskesmas Kelurahan Mata Air. Kemudian dilanjutkan dengan harapan dari Kepala Lurah Mata Air dan Batang Arau atas Pengabdian Membangun Desa Masyarakat FKM Unand. Diakhiri dengan pengarahan dari Pak Kamal Kasra, salah satu Dosen FKM Unand.

Dalam wawancara yang dilakukan dengan Kepala Lurah Mata Air yaitu Bapak Suardi, mengatakan sebelumnya telah ada mahasiswa dari universitas lain yang melakukan KKN di daerah tersebut, tetapi belum terlalu terasa perubahan pada pola perilaku di masyarakat khususnya pada bidang kesehatannya, sehingga kurang terasa keefektifannya.

“Kelurahan kami butuh pembinaan kesehatan di masyarakat, sedangkan tenaga di puskesmas kami juga terbatas, maka dengan hadirnya mahasiswa dari Fakultas Kesehatan Masyarakat maka kami berharap nantinya akan ada perubahan pola perilaku di warga kelurahan kami, baik kesehatan lingkungan maupun kesehatan keluarga, karena kami sadar bahwa masih banyak warga kami yang kurang sadar dengan kesehatannya seperti masalah stunting”, tambah Pak Suardi dalam wawancara yang dilakukan di kantor camat Padang Selatan.


Gabriella Tessalonika dan Putri Gloria

Generasi Aksatawani

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama