INFOGRAFIS


Sastra Minangkabau

 

Saat memasuki dunia perkuliahan, salah satu jurusan yang ada di Sumatera Barat, yakni Sastra Minangkabau. Jurusan ini mempelajari sastra, bahasa dan budaya daerah Sumatera Barat secara komprehensif. Kita tidak hanya mempelajari Kesusastraan Linguistik Sintaksis, tapi juga analisis bahasa dan sastra Minangkabau dengan baik, penelitian budaya, corak dan dinamika kehidupan bangsa Minangkabau. Gelar yang didapatkan jurusan ini adalah Sarjana Sastra (S.S).

 

(Hantaran.co)

 

Prospek kerja dari jurusan Sastra Minangkabau cukup luas, seperti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Balai Bahasa, dan Arsip Nasional. Kita juga bisa bekerja di bidang kepenulisan, seperti penulis berita, penulis buku, hingga penulis naskah film atau scriptwriter. Adapun mata kuliah jurusan ini, meliputi:

1.    Pengantar Kajian Kesusastraan

2.    Pengantar Linguistik Umum

3.    Teori Sastra

4.    Kritik Sastra

5.    Stilistika

6.    Metode Penelitian Sastra

7.    Perbandingan Sastra

8.    Psikologi Sastra

9.    Sastra Nusantara

10.  Bahasa Belanda

11.  Bahasa Indonesia

12.  Bahasa Minangkabau

13.  Bahasa Arab

14.  Membaca Arab Melayu

15.  Morfologi

16.  Fonologi

17.  Sintaksis

18.  Semantik

19.  Dialektologi

20.  Sajarah Kajian Bahasa Minangkabau

21.  Pepatah Petitih Minangkabau

22.  Pasambahan

23.  Kajian Silat Minangkabau

24.  Sastra Lisan

 

Karakter seseorang yang sesuai di jurusan Sastra Minangkabau, antara lain: teliti, tekun, kritis, rasional, observan, keterampilan komunikasi, senang melakukan riset hingga keterampilan interpersonal. Universitas dengan Jurusan Sastra Minangkabau, yakni Universitas Andalas di Padang. Profesi dan karir lulusan Sastra Minangkabau, yakni:

1.      Editor

2.      Penerjemah

3.      Wartawan

4.      Penulis Puisi, Penulis Lirik, dan Penulis Kreatif.

 

Sumber:

Gramedia. (2021). Jurusan Sastra Minangkabau, Gramedia Pendidikan. Diakses melalui https://www.gramedia.com/pendidikan/jurusan-sastra-minangkabau/?amp=. Diakses pada 18 September 2022.

Rencanamu. (2015). Sastra Minangkabau. Diakses melalui https://rencanamu.id/cari-jurusan/budaya-bahasa/sastra-minangkabau. Diakses pada 18 September 2022.

Chaniago, I. (2021). Bahasa dan Sastra Minangkabau di Tengah Kepungan Teknologi. Diakses melalui https://www.hantaran.co/bahasa-dan-sastra-minangkabau-di-tengah-kepungan-teknologi/. Diakses pada 18 September 2022.

 

Zerly Affi Walti

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Aksatawani

2022

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama