INFOGRAFIS

 Cara Menulis Opini

Opini pada dasarnya tidak hanya menjadi media untuk berekspresi dan menyatakan pendapat seluas-luasnya secara bebas. Dalam kolom opini, biasanya ada sebuah keutamaan menjadi ahli terlebih dahulu atas topik yang akan dibicarakan. Tentu saja hal ini bukan berkaitan dengan pembatasan kebebasan bersuara tetapi berkaitan dengan kelayakan tulisan agar diterima masyarakat. (M. 2020)

Sebagai seorang penulis, menyajikan tulisan yang benar adalah sebuah keharusan yang tidak boleh dilanggar. Penulisan opini ini ada beberapa poin yang bisa dijadikan tumpuan saat hendak menulis dengan baik dan benar. Ini dia beberapa hal tersebut penting sebelum cara menulis opini:

1)      Pengetahuan terkait bidang

2)      Ide

3)      Argumentasi

4)      Teknik penulisan

5)      Pengetahuan bahasa

6)      Pengetahuan soal media massa

Sebelum melangkah jauh ke dalam cara penulisan opini, maka akan lebih baik untuk memahami terlebih dahulu poin penting dalam opini. Ada tiga poin utama yang perlu diperhatikan agar opini yang dihasilkan bisa tampak lebih menarik dan bagus.

1)      Sudut pandang penulis

2)      Tulisan terbatas dan sempit

3)      Argumen yang kuat

Menulis opini pada dasarnya tidak sembarangan dan perlu memperhatikan struktur kepenulisan. Adanya struktur ini bisa membuat tulisan opini nantinya terbagi menjadi beberapa poin penting yang bisa membuat tulisan menjadi lebih runtut. Apa saja?

1)      Alinea pembuka

2)      Isi tulisan atau batang tubuh

3)      Alinea penutup

 

Referensi:

M., Rianda; 2020. “Cara Menulis Opini.” 2020. https://projasaweb.com/cara-menulis-opini/.

 

Nurul Fatimah Yusri

UKPM Pena BEM KM FKM UNAND

Generasi Aksatawani

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama