BERITA [SOSIALISASI PEMILIHAN UMUM RAYA KM UNAND 2022]

Senin (05/09/2022), Fakultas Kesehatan Masyarakat melaksanakan Sosialisasi Pemilihan Umum Raya KM FKM Unand 2022. Sosialisasi ini dilaksanakan pada pukul 16.00 WIB di Gedung C Universitas Andalas. Target dari acara sosialisasi ini adalah seluruh Mahasiswa Universitas Andalas yang masih aktif dalam akademik tahun ajaran 2022/2023.

Rangkaian dari kegiatan sosialisasi ini diawali dengan pemaparan penjelasan mengenai apa itu pemira dan mengajak warga-warga KM agar ikut berpartisipasi dalam pemira dan tidak hanya itu dalam sosialisasi ini Badan Pemilu Umum (BPU) menjelaskan terkait timeline.

Gambar 1. Timeline Pemira KM Unand 2022

Pemira (Pemilihan Umum Raya) ini dilaksanakan satu tahun sekali. Fungsi dari Pemira ini adalah menentukan ketua dan wakil ketua untuk setiap BEM Fakultas, Jurusan, dan Prodi. Selain fungsi tersebut, Pemilu Raya juga berfungsi sebagai media untuk pelaksanaan politik kampus sehingga setiap mahasiswa dapat ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Mahasiswa berhak ikut serta menjadi tim sukses dari calon yang akan terpilih menjadi pemimpin. Mahasiswa juga dapat menjadi panitia dalam terlaksananya Pemira dan berhak menjadi pemilih untuk memilih calon pemimpin yang tepat sesuai dengan harapan.

Alasan dilakukan sosialisasi ini adalah agar Pemira yang akan berlangsung mendatang dapat berjalan dengan baik dan mengurangi adanya golongan putih. Adapun latar belakang dari Pemira ini adalah menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi, masa jabatan BEM KM Unand 2022 dan MPM-DPM KM Unand 2022 akan segera berakhir, maka perlu dipilih pemimpin baru untuk melanjutkan estafet kepemimpinan Keluarga Mahasiswa Unand.

Secara teknis, kegiatan Sosialisasi Pemira ini berjalan cukup baik namun sedikit mengulur waktu mulainya.

 

Annora Febrianti dan Nabila Alkhoiriah

UKPM PENA BEM KM FKM UNAND

Generasi Aksatawani

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama