RAPI 11 [Pandemi Belum Usai, Siapkah Indonesia Memulai Kembali Konser Musik di Tahun 2022?]

Pandemi Covid-19 telah melanda Indonesia kurang lebih dua tahun. Hal tersebut mengakibatkan terhambatnya aktivitas yang berhubungan dengan dunia permusikan seperti konser dan event musik lainnya terpaksa terhenti.

Banyak konser yang sudah direncanakan dalam berbagai event harus terhenti dan ditiadakan. Tak sedikit masyarakat Indonesia harus menahan merasa kecewa karena hal tersebut ditunda. Meski beberapa event dan konser diadakan secara online, namun feeling yang didapat tidak sama seperti konser tatap muka. Jika dibandingkan dengan negara lain, sudah banyak negara lain yang mengadakan konser tatap muka dengan tetap menerapkan aturan yang ketat.

Setelah sekian lama menunggu, akhirnya pada tahun 2022 event musik seperti konser sudah mulai diadakan. Baik itu dalam skala kecil maupun besar. Melihat hal itu, antusias para penggemar tidak tanggung-tanggung. Terbukti dengan sold out nya tiket konser tersebut hanya dalam beberapa jam bahkan menit.

Apakah Indonesia sudah siap untuk mengadakan konser secara tatap muka kembali secara sedia kala?

Jumlah kasus positif harian di Indonesia tahun 2022 sudah mulai menurun. Dikutip dari sehatnegeriku.kemkes.go.id pada tanggal 12 Maret 2022 kasus Covid-19 harian sudah menurun hingga 14.900 orang. Jumlah tersebut merupakan jumlah terbanyak menurunnya kasus harian sejak bulan Februari 2022.

Penurunan angka positif Covid-19 ini dikarenakan sudah banyaknya masyarakat yang melakukan vaksinasi 1, 2, dan juga booster. Kekebalan tubuh masyarakat sudah mulai terbentuk karena telah melakukan vaksinasi. Meskipun masih terdapat banyak orang yang positif Covid-19, gejalanya tidak terlalu berat selama tidak memiliki riwayat penyakit lain yang diderita.

Saat inipun fasilitas protokol kesehatan sudah jauh lebih mumpuni dibandingkan pada saat awal-awal pandemi di Indonesia. Mulai dari sudah banyaknya tempat cuci tangan, hand sanitizer, hingga adanya aplikasi Peduli Lindungi yang mampu melakukan tracking kasus Covid-19. Selain itu, layanan kesehatan sudah jauh lebih siap dalam hal fasilitas dan pengobatan dibandingkan pada awal-awal masa pandemi.

Apakah konser musik tidak masalah diadakan kembali? Menurut saya tidak masalah konser dan event musik lainnya diadakan kembali di Indonesia. Asalkan ada beberapa yang harus diperhatikan oleh pihak penyelenggara dan penonton.

Salah satu contohnya adalah syarat mengikuti konser. Setiap penonton yang ingin menyaksikan konser harus sudah melakukan vaksinasi minimal dosis kedua. Selain itu memperketat protokol kesehatan dengan tetap memakai masker, perbanyak spot cuci tangan dan menggunakan hand sanitizer juga penting untuk dilakukan.

Untuk mengurangi kerumunan saat antrian masuk venue konser atau event musik lainnya, diharapkan para penyelenggara dapat memperbanyak tempat barcode aplikasi Peduli Lindungi di titik-titik strategis seperti pintu masuk dan lainnya. Penyelenggaraan konser juga sebaiknya mengikuti himbauan dari pemerintah berkaitan dengan kenaikan jumlah kasus positif Covid-19 atau adanya varian baru. Bila semakin naik kasusnya, alangkah lebih baik konser tersebut ditunda sampai kasus Covid-19 menurun kembali.

Sumber :

https://www.kompasiana.com/aryaadiseputro5143/6243a6e7bb44867c1b0f11d2/pandemi-belum-usai-sudah-siapkah-indonesia-memulai-kembali-konser-musik-berskala-besar?page=all#section2

 

Meina Lisa

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Aksatawani

2022

 


 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama