RAPI 09 [Penyakit Mulut dan Kuku Merajalela, Berdampak kah Terhadap Idul Adha?]

Penyakit Mulut dan kuku atau yang dikenal dengan Foot and Mouth Disease merupakan penyakit menular yang menyerang hewan ternak berkuku belah/genap (cloven-hoofed). Seperti sapi, kerbau, domba, kambing, rusa, unta, dan termasuk hewan liar seperti gajah, antelope, bison, menjangan, dan jerapah dengan tingkat penularan mencapai 90-100%.

Virus penyebab PMK pada hewan ternak menular melalui kontak langsung dan kontak tidak langsung. Kontak Langsung dapat melalui hewan yang tertular dengan hewan rentan melalui droplet, leleran hidung dan serpihan kulit. Kontak tidak langsung yaitu melalui sisa makanan/sampah yang terkontaminasi produk hewan seperti daging dan tulang dari hewan tertular dan vektor hidup yakni terbawa oleh manusia.

Lalu, apakah PMK ini dapat menular ke manusia? OIE menyebut penyakit ini tidak mudah menular ke manusia (bukan penyakit zoonosis), sehingga daging dan susu aman untuk dikonsumsi jika diolah dengan melalui proses pemanasan 70°C selama 30 menit. Bagian dari hewan yang terinfeksi PMK yang tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi yaitu pada tempat-tempat yang langsung terkena dengan PMK. Misalnya kaki, isi organ dalam perut, mulut, bibir, lidah.

Dengan adanya PMK ini pada masyarakat, menimbulkan kepanikan dan kekhawatiran di tengah masyarakat dalam mengonsumsi hewan. Kekhawatiran ini berdampak pada penurunan kebutuhan (demand) terhadap daging dan susu yang akan merugikan peternakan. Ancaman ke depan dari PMK adalah keterbatasan bahkan penurunan ketersediaan pasokan (supply). Dampak lain yaitu, meningkatnya harga daging sapi dikarenakan adanya biaya tambahan yang dikeluarkan karena kebijakan karantina dan lockdown zonasi, sehingga berdampak pada permintaan hewan kurban untuk perayaan Idul Adha.


Referensi:

BBC News. Penyakit mulut dan kuku hewan ternak terus meluas: Mengapa masyarakat perlu khawatir?. https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-61413706

Kardaya, Dede & Rahmi, Annisa. 2022. Meningkatkan Kewaspadaan Terhadap Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Pada Hewan Ternak.https://www.unida.ac.id/artikel/meningkatkan-kewaspadaan-terhadap-penyakit-mulut-dan-kuku-pmk-pada-ternak.


Allysa Firzitullah

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Aksatawani

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama