MADING 18

Tema : Pengorbanan

 

Pojok Quotes

“Tidak ada sebuah kesuksesan tanpa pengorbanan dan tidak ada kesuksesan tanpa kesulitan”

-Luthfiyyah Kansa-

 

“Hidup punya banyak cerita, tak jarang menciptakan efek sengsara. Hidup itu tentang 3 hal penting, yaitu mengorbankan, mengikhlaskan dan menerima”

-Alfarel Huzri-


Pojok Sastra

Pengorbanan

Oleh: Fitri Dini Aulia Sari

 

Kemana lagi impian ini kan kukaitkan? sungguh ingin aku meminta maaf kepada diriku sendiri. Betapa aku sangat memaksamu, terus membuka mata demi segenap mimpiku. Betapa aku membiarkan jiwamu tersiksa atas perlakuan yang sebenarnya tak dapat kau terima. Maafkan aku, kini dan seterusnya ku akan melindungimu, menjagamu dari ambisiku yang telah melukaimu. Terima kasih engkau masih dapat bertahan, aku akan melukiskan senyumku sendiri, menjalani takdir ilahi yang pasti lebih indah dari khayalan kebahagiaan yang pernah ku ukir. Sekarang, aku benar-benar mengubah arti impian dalam hidupku. Mencapainya tak perlu harus menindas diri ini, bukan berarti aku tak memberi pengorbanan dalam perjuanganku, hanya saja kini sudah jelas bagiku, menggantungkan kebahagiaan dalam impian besarku sangat menjebakku dalam keambiguan. Bagaimana tidak, hal yang semestinya membahagiakanku justru saat ini seakan hambar dan berlalu begitu saja. Mulai detik ini, diriku memilih berdamai dengan atmosfer hidup yang digariskan tuhan padaku.

 

Pojok Info

Pengorbanan anak terbesar dalam sejarah dunia?

 

Pengorbanan–baik yang dilakukan pada manusia atau hewan–ditemukan pada beragam sejarah dan budaya. Seringkali, itu merupakan bagian dari ritual pemakaman atau spiritual. Dalam budaya pra-Columbus, pengorbanan anak didokumentasikan dengan baik. Suku Inca misalnya, mengorbankan anak-anak saat atau sesudah peristiwa penting.

Apa yang dipercaya sebagai bukti ritual pengorbanan anak terbesar, telah ditemukan di Peru. Ada 140 kerangka yang berhasil digali di situs arkeologi Huanchaquito-Las Llamas yang pernah menjadi lokasi pengorbanan massal sekitar tahun 1450 A.D.

Para ahli yang menyelidikanya mengatakan, bukti anatomi dan genetika menunjukkan kerangka itu milik anak-anak berusia lima hingga 14 tahun. Terdapat tanda luka potong di sepanjang tulang dada dan tulang iga–menunjukkan bahwa dada mereka telah dibelah dan hatinya diambil sebagai bagian dari ritual pengorbanan.

Anak-anak ini berasal dari kelompok agama dan etnis yang berbeda. Namun, alasan mengapa mereka dipilih masih belum diketahui. Yang pasti, semuanya berada dalam kondisi yang sangat sehat. (Widyaningrum, 2019)

Seram, ya?

 

Sumber:

Widyaningrum, G. (2019, March 19). 140 Kerangka Ditemukan, Bukti Ritual Pengorbanan Anak-anak Terbesar di Dunia. Retrieved from National Geographic Indonesia: https://nationalgeographic.grid.id/read/131670721/140-kerangka-ditemukan-bukti-ritual-pengorbanan-anak-anak-terbesar-di-dunia?page=all


Nurul Fatimah Yusri


Pojok Tips 


Tips Pengorbanan Agar Mendapat Pertemanan Sehat


            Manusia disebut sebagai makhluk sosial bukan tanpa sebab, manusia tidak bisa untuk berhenti berinteraksi dengan orang di lingkungan sekitar. Interaksi-interaksi tersebut akan menghasilkan sebuah keterkaitan satu sama lain yang disebut dengan hubungan. Hubungan banyak macamnya mulai dari hubungan keluarga, hubungan cinta, hubungan teman, sahabat, dan lainnya. Berbagai hubungan tersebut harus kita jaga kebaikan dan keharmonisannya untuk menjalankan fungsi kita sebagai makhluk sosial. Tentu saja dalam menjaga hubungan yang harmonis diperlukan pengorbanan untuk dilakukan. Berbicara mengenai hubungan pertemanan, kita sebagai Mahasiswa Universitas Andalas harus menjaga hubungan pertemanan dengan Mahasiswa lainnya, selain untuk berinteraksi secara sosial, kita juga membutuhkan teman untuk kegiatan perkuliahan. 

Apakah ada tips pengorbanan seperti apa yang harus dilakukan untuk mendapatkan pertemanan yang sehat? Tentu saja ada, Simak tips berikut!

1.         Berusaha Selalu Ada untuk Teman

Bentuk pengorbanan yang paling sederhana dan paling dasar adalah selalu berada di sisi teman saat saling membutuhkan. Jadi-lah support system bagi satu sama lain karena dengan ini hubungan pertemanan akan semakin kuat dan bertahan lama. Rasa sayang terhadap satu sama lain juga akan meningkat. Namun, kamu tetap harus mempertimbangkan kesanggupan diri. Perhatikan juga kondisi teman sebelum kamu memutuskan untuk membantu mereka dengan kehadiran kamu.

2.         Melakukan Kompromi

Manusia tidak sempurna dan punya banyak kesalahan, termasuk kamu dan juga teman kamu. Kompromi antar pertemanan ini sangat dibutuhkan sebagai aturan dan komitmen dalam hubungan, agar kalian tidak saling memaksakan ego kepada satu sama lain. Kompromi bisa dilakukan dengan saling mengerti dan saling memaafkan. 

3.         Sikap mengalah dan saling mengerti terhadap teman

Bentuk pengorbanan lainnya yang tidak kalah penting dalam hubungan pertemanan adalah menerapkan sikap mengalah. Ada kalanya kamu yang mengalah dan sebaliknya karena hubungan harus adil dan juga seimbang. Jika hanya satu pihak saja yang terus mengalah, pastinya itu tidak baik dan hubungan akan menjadi toxic. Mengalah bukan berarti lemah atau takut pada kepada orang lain, tetapi merupakan bentuk pengorbanan sekaligus rasa menghargai yang ditujukan kepada sesama. Kita tidak selalu harus menuruti ego saja, kita juga harus melihat dan mendengarkan perasaan teman kita agar kalian lebih saling mengerti satu sama lain.

4.         Setia dalam pertemanan

Terakhir, bentuk pengorbanan yang sehat dalam hubungan pertemanan yang ialah setia pada hubungan, setia pada teman kita. Tentu saja dibanding yang lainnya, pengorbanan yang satu ini cukup sulit dilakukan. Hal ini karena tidak semua orang mampu untuk menjaga hubungannya dengan temannya secara tulus dan tanpa adanya pengkhianatan. Namun kita perlu percaya bahwa menjadi teman yang setia tidak akan pernah ada ruginya. Kita melakukannya untuk menunjukkan karakter yang kita miliki. Sekalipun jika kita dikhianati, maka yang akan merugi adalah teman kita. karena telah menyia-nyiakan kessetiaan yang kita miliki.

Nah mungkin itu beberapa tips dalam menjalin dan menjaga hubungan pertemanan sehat  yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, misal nya dalam lingkup pertemanan di kampus atau lingkungan sosial lainmya. Hubungan pertemanan yang sehat akan memberikan dampak positif terhadap kehidupan pribadi kita, begitu pula sebaliknya lingkungan pertemanan yang tidak sehat akan memberikan dampak negatif terhadap diri kita. Jadi sangat penting untuk menjaga hubungan yang baik dan sehat dengan teman-teman kita.

 

Annisa Fadila Gusman dan Mutia Hasna Khairani

 

Pojok Humor

Pengorbanan Seorang Wanita di Helikopter

Sebelas orang bergantung pada sebuah tali yang tergantung pada helikopter, sepuluh pria dan satu wanita.

Tali itu tidak kuat menahan beban mereka semua, jadi mereka memutuskan harus ada satu orang yang menjatuhkan diri. Jika tidak, mereka semua akan jatuh.

Mereka bingung siapa yang harus merelakan diri jatuh, tapi kemudian si wanita mengatakan sesuatu yang menyentuh.

Ia berkata bahwa ia merelakan diri jatuh karena sebagai wanita, ia terbiasa memberikan apa  pun untuk suami dan anak, dan untuk pria secara umum, tanpa mengharap balasan.

Setelah ia selesai berkata itu, semua pria itu malah bertepuk tangan.


Mirqi Rahmiani Yasra dan Vivi Nurul Faiza

 

Selamat Hari Raya Idul Adha

Rayakan dengan makan daging qurban

Jangan makan hati dengan stalking mantan

Sausan Akbari Affa

 

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama