INFOGRAFIS

Tips Membuat Blog Bagi Pemula

Tips membuat blogbagi pemula antara lain :

Tentukan konten yang ingin kamu tulis

Menentukan lingkup konten yang akan kamu tulis merupakan langkah pertama yang harus kamu lakukan. Kamu harus menentukan terlebih dahulu topik-topik apa saja yang ingin kamu tulis.

Tentukan nama dan domain blog

Langkah selanjutnya adalah menentukan nama dan domain blog kamu. Kamu dapat menentukan nama blog dengan memikirkan filosofi di balik nama tersebut, atau nama yang unik dan mudah diingat oleh pembaca. Selain nama blog, nama domain juga penting untuk kamu perhatikan. Nama domain yang ideal terdiri dari 2-3 kata, 2 kata merupakan ideal dan 3 kata adalah batas maksimum.

 Pilih platform untuk blogging

Pilih platform yang paling sesuai dan mudah untuk kamu dan calon pembacamu gunakan. Terdapat banyak pilihan platform yang bisa kamu pilih, di antaranya adalah Wordpress, Wix, Tumblr, Medium, Blogger, dan masih banyak lagi.

 

Konsisten menulis

Kamu harus konsisten dalam mengunggah sebuah tulisan. Kamu bisa membuat jadwal unggah konten dan topik yang ingin kamu tulis pada sebuah catatan khusus. Selain konsisten, kamu juga harus memperhatikan kata kunci dalam menulis agar lebih efektif dalam SEO (Search Engine Optimization). Selain kuantitas, kamu juga harus memperhatikan kualitas.

Pilih tema yang sesuai

Tema atau tampilan merupakan hal pertama yang akan terlihat ketika pembaca mengunjungi blogmu. Pemilihan tema atau desain blog dapat mempengaruhi SEO.

 

Sumber :Lianovanda Devi. 2021. 5 Tips Praktis Membuat Blog untuk Pemula. Dalam https://blog.skillacademy.com/tips-membuat-blog-untuk-pemula (diakses pada Senin, 25 Juli 2022)

 

 

Shinta Bella

UKPM Pena BEM KM FKM UNAND

Generasi Aksatawani

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama