BERITA [Program Studi Magister Epidemiologi meraih akreditasi ”UNGGUL”]

Program Studi Magister Epidemiologi meraih akreditasi  ”UNGGUL”

Padang (09/07/2022) - Prestasi membanggakan datang dari Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Andalas, Program Studi Magister Epidemiologi meraih akreditasi  ”UNGGUL”.

Sumber: Instagram @fkm_unand

Bidang ilmu Epidemiologi merupakan “ibu dari ilmu kesehatan masyarakat”, yang mana studi ini mengkaji mengenai distribusi (sebaran) dan determinan (penyebab) suatu masalah kesehatan yang terjadi di masyarakat. Prodi magister Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat merupakan salah satu dari 5 program studi epidemiologi yang ada di Indonesia. Jurusan epidemiologi mengalami peningkatan peminat pada akhir tahun 2019, bersamaan dengan memuncaknya wabah Covid-19 di Indonesia.

Lembaga akreditasi dari LAMPTKES resmi menetapkan Program Studi Magister Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Unand memperoleh akreditasi dengan prediket UNGGUL.  “Alhamdulillah, Prodi Magister (S2) Epidemiologi FKM Unand memperoleh akreditasi peringkat “UNGGUL”  oleh LAMPTKES untuk akreditasi perdana” ungkap Dekan FKM Unand Defriman Djafri, S.K.M, M.KM., Ph.D pada Senin (20/06-2022)

Penetapan Program Studi Magister Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat sebagai program studi dengan prediket UNGGUL diberikan oleh LAMPTKES yang merupakan perkumpulan Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia. LAMPTKES juga dimonitoring dan di evaluasi setiap tahunnya oleh Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) yang mengembangkan sistem akreditasi nasional. LAMPTKES juga difasilitasi oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan, dan Kebudayaan melalui Health Professional Education Quality Project (HPEQ Project).

Pencapaian Program Studi Magister Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat ini mendapat apresiasi oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia dimana Program Studi Magister Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas menjadi satu-satunya yang mendapat predikat unggul di Pulau Sumatera.

Pencapaian luar biasa ini diharapkan menjadikan Program Studi Magister Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Unand diminati calon mahasiswa pascasarjana yang ingin melanjutkan studi Magister Epidemiologi. Ditambah lagi dengan banyaknya peminat bidang ilmu Epidemiologi ini di tengah pandemi Covid-19.

Afifah Khairunnisa dan Nada Rudiaputri

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Aksatawani


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama