BERITA [Bahan Pokok Terus Melonjak Naik, Masyarakat dan Anak Kost Siap-siap Sengsara]

Bahan Pokok Terus Melonjak Naik, Masyarakat dan Anak Kost Siap-siap Sengsara

Padang (09/07/2022) - Hari Raya Idul Adha tiba, berbagai kebutuhan pokok di seluruh Indonesia mengalami perubahan padasegi harga. Harga kebutuhan pokok setiap harinya selalu berubah-ubah, harga tersebut menyesuaikan tingkat kebutuhan dan permintaan masyarakat terhadap kebutuhan pokok.Mulai dari beras, telur, daging ayam, daging sapi, hingga minyak goreng.Tak hanya kebutuhan dapur, kebutuhan pokok lainnya seperti roti dan mie instan diprediksi oleh Presiden RI akan melonjak naik. Hal ini tentu membuat resah seluruh masyarakat terutama bagi mahasiswa-mahasiswi rantau yang makanan sehari-harinya berupa roti dan mie instanmendadak panik. Kenaikan harga gandum yang berimbas pada melonjaknya harga roti disebabkan karena terjadinya perang antara Rusia dan Ukraina akan berpengaruh terhadap kenaikan sejumlah kebutuhan masyarakat.


Memang harga kebutuhan pokok dari satu produk ke produk lain sangatlah beragam. Salah satu harga sembako yang utama adalah beras yang harganya dipatok mulai dari Rp11.700 per kilogramnya, harga beras sendiri berbeda-beda tergantung dengan kualitas dan jenis berasnyaHarga bawang merahdan bawang putih masih sangat tinggi. Harga bawang putih bumbu pokok bahkan mencapai mencapai Rp29.100. Bahkan bawang merah sebagai bumbu pokok dapur mengalami kenaikan yang sangat tinggi, kini harganya mencapai Rp61.700. Sementara itu, untuk harga cabai rawit sendiri terus mengalami kenaikan yang sangat tinggi.

Pada hari ini(09/07/22) harga cabai rawitmencapaiRp85.650.Itulah beberapa daftar harga bahan pokok secara nasional yang ada di Indonesia, perbedaan harga bisa saja terjadi karena jarak ataupun kualitas barang yang ada di setiap daerah berbeda-beda.Selain itu, transportasijugamenentukan harga komoditas bahan pokok.

Sejumlah harga sembako di Pasar Raya, Padang Sumatera Barat mengalami kenaikan hingga 100 persen. Kenaikan diduga akibat jumlah stok bahan pokok yang terbatas. Kenaikan harga terjadi pada cabai merah, cabai hijau, cabai rawit, bawang merah dan bawang putih mencapai 50-100 persen dari harga biasanya. Salah satu pedagang menyebut kenaikan harga cukup dirasakan para pembeli arena kenaikan harga yang tinggi. Harga saat cabai merah saat ini dijual dengan harga Rp65.000 dari sebelumnya Rp30.000 per kilogram. Sedangkan harga bawang merah dijual dengan harga Rp46.000 dari harga Rp28.000 per kilogram. Akibat kenaikan ini, jumlah pembeli berkurang.

Ibnu, salah satu pedagangmengatakan harga bawang merah dan cabai sepekan menjelang Hari Raya Idul Adha terus mengalami kenaikan karena dipicu minimnya pasokan barang dari petani ke pedagang yang berkurang drastis. Menurutnya, untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari warga terpaksa haru mengurangi pembelian dari satu kilo menjadi setengah kilo.

Sementara itu, Asmi warga setempat mengatakan kenaikan harga berbagai bahan kebutuhan pokok tersebut membuat warga harus mengurangi pembelian agar bisa mencukupi kebutuhan lainnya warga. "Kami berharap harga kembali stabil," katanya.

Putri Rahmadani dan Annisa Fadilla Gusman

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Aksatawani

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama