INFOGRAFIS

 “Jenis-Jenis Sastra Tradisional Indonesia”

Mitchell (2003:228) menyatakan bahwa sastra tradisional (traditional literature) merupakan bentuk ekspresi masyarakat pada masa lalu yang umumnya disampaikan secara lisan. Seperti berbagai negara di dunia, Indonesia juga memiliki sastra tradisional yang beraneka ragam. Diantaranya yaitu:

  1. Fabel

Fabel adalah cerita binatang yang dimaksudkan sebagai personifikasikarakter manusia. Tokoh cerita dalam fabel adalah binatang-binatang yang dapat berperan layaknya manusia. Cerita fabel secara umum tidak panjang, di dalamnya terdapat pesanmoral yang secara nyata disampaikan di akhir cerita. Setting pada fabel sendiri pada umumnya mengacu pada masa lampau.

  1. Dongeng Rakyat

Dongeng rakyat atau biasa disebut dongeng merupakan karya sastra yang diceritakan secara lisan dan turun-temurun. Dongeng pun memuat kandunganmoral yang sangat terlihat jelas sisi baik dan buruknya. Tokoh dalam dongeng bisa sesama manusia ataupun di variasi dengan makhluk lain seperti binatang dan makhluk halus.

  1. Mitos

Mitos merupakan cerita masa lampau yang berhubungan dengan dewa-dewa maupun kehidupan supernatural yang lain. Dimana di setiapnegara memiliki karakteristik mitos yang berbeda. Mitos biasanya menampilkan cerita tentang kepahlawanan, asal-usul alam, manusia atau bangsa yang dipahami memiliki kekuatan suci. Kebenaran mitos sebenarnya dapat dipertanyakan namun masyarakat disekitar tempat berkembangnya mitos tersebut tidak mempersoalkan atau bahkan meyakininya. Mitos- mitos yang berkembang di Indonesia sebagai contoh adalah cerita tentang Dewi Sri, Nyi Roro Kidul, dll. Alur cerita pada mitos bisa tunggal atau ganda yang dikaitkan dengan tokoh-tokoh. Mitos berkisah tentang berbagai persoalan kehidupan yang di dalamnya terdapat kehebatan kehebatan tertentu yang diluar jangkauan manusia.

  1. Legenda

Legenda sering dirancukan dengan mitologi. Betapapun demikian ciri khas legenda adalah terdapat kaitan dengan kebenaran sejarah dan kurang berkaitan dengan masalah supranatural. Kebenaran legenda dipertanyakan atau tidak bisa dipertanggungjawabkan. Legenda menampilkan tokoh-tokoh heo yang menampilkanaksi yang sangat mengesankan. Contoh dari legenda misalkan Rara Jonggrang, Sangkuriang, dsb.

  1. Epos

Epos merupakan sebuah cerita panjang yang berbentuk syair (puisi) dengan pengarangnya yang tidak pernah diketahui. Epos menceritakan kisah kepahlawanan seorang tokoh hero. Cerita epos sarat dengan ajaranmoral karena aksi-aksi tokoh yang hebat, dan berani layaknya sebagaipahlawan yang ideal baik fisik maupun moral. Cerita Panji, Mahabarata, Ramayana lah yang menjadi contoh cerita epos.


Sumber :

Apa Saja Jenis-Jenis Sastra Tradisional. Dictio. https://www.dictio.id/t/apa-saja-jenis-jenis-sastra-tradisional/21681/2 (27 Mei 2022)

 

 

Harisa Rahma Wenatri

UKPM Pena BEM KM FKM UNAND

Generasi Aksatawani

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama