[BERITA] Pelaksanaan UTBK di Unand : Lancar Tanpa Kendala

Padang (19/05/22) - Memasuki hari ketiga pelaksanaan UTBK tahun 2022 di lingkungan Kampus Universitas Andalas Limau Manis tepatnya di Labor Komputer Fakultas Kesehatan Masyarakat, pelaksanaan UTBK di Kampus Universitas Andalas dilaksanakan selama 6 hari yang dimulai dari tanggal 17 kemarin hingga tanggal 23 Mei mendatang. Namun, pada hari Jumat tanggal 20 Mei 2022 Kampus Unand tidak melaksanakan ujian dikarenakan istirahat Sholat Jumat ucap satpam pengawas keamanan di Labor Komputer Fakultas Kesehatan Masyarakat. Terdapat 24 titik lokasi pelaksanaan UTBK 2022 di Kampus Universitas Andalas Limau Manis.

Pelaksanaan UTBK tahun ini di kampus Unand dilaksanakan hanya satu sesi saja namun pada hari Sabtu dilaksanakan selama 2 Sesi. Sesi pertama dimulai pada pukul 07.15-10.30 dan pada sesi kedua dimulai pada pukul 13.00-16.45.

“Selama ujian berlangsung tidak ada sama sekali terdapat kendala jaringan. Namun, hanya saja ada satu komputer yang bermasalah dan diganti dengan komputer cadangan yang juga telah disediakan oleh pihak Fakultas selama ujian berlangsung”, ujar Feni Andriani, Bd., M.Keb. selaku Pengawas UTBK 2022 di Labor Komputer Fakultas Kesehatan Masyarakat. Selain itu, pihak kampus juga telah menyediakan Genset sebagai antisipasi apabila terjadi pemadaman listrik sambungnya.

Terdapat beberapa dokumen yang harus dibawa oleh peserta seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Ujian, dan surat keterangan tanda lulus serta peserta diharapkan berpakaian rapi dan sopan. Dikarenakan situasi pada saat UTBK 2022 ini masih pandemi, pihak kampus mewajibkan kepada seluruh peserta untuk mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, membawa hand sanitizer, serta menjaga jarak. Namun, protokol tidak diterapkan begitu ketat karena mengingat pandemi sudah mulai mereda.

“Di dalam ruangan ujian sudah nyaman dan sejuk serta memiliki fasilitas yang lengkap untuk melaksanakan UTBK”, ungkap Dinda Aulia sebagai peserta UTBK 2022. (19/5/2022)

Dinda Aulia terkesan sangat tergesa-gesa dan sudah tidak fokus karena mengalami kesulitan dalam menjawab ujian,ketika diwawancara.

“Persiapan saya selama menuju UTBK 2022 ialah belajar melalui aplikasi belajar online, bimbel serta dilakukan belajar sendiri dirumah, dan harapan saya semoga saya bisa diterima di Fakultas yang saya pilih “, Ujar Afid Febrin sebagai peserta UTBK 2022.

Miftahul Jannatul Husna dan Putriani Tambunan

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Aksatawani

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama