[BERITA] Mengenal Sherin Yudinata, Mahasiswi FKM Peraih IISMA 2022

 


Padang (19/06/22) - Salah satu bentuk Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka yaitu Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA), kembali diselenggarakan oleh Kemendikbudristek. IISMA merupakan skema beasiswa Pemerintah Republik Indonesia untuk mendanai mahasiswa Indonesia dalam program mobilitas di universitas terkemuka di luar negeri. Program ini dapat diikuti oleh Mahasiswa sarjana dari seluruh Perguruan Tinggi Indonesia yang berada dibawah Ditjen Dikti. Mahasiswa yang dapat mengikuti adalah mahasiswa semester 4 dan 6, mereka dapat menghabiskan satu semester atau setara dengan 20 SKS di universitas mitra luar negeri untuk belajar, merasakan budaya negara tuan rumah dan melakukan tugas praktis untuk meningkatkan keterampilan.

Salah satu mahasiswi Universitas Andalas yang dinyatakan lolos dalam program IISMA 2022 adalah Sherin Yudinata, mahasiswi semester VI Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Peminatan Administrasi Kebijakan Kesehatan.

Minatnya yang tinggi terhadap bahasa Inggris dan keinginan untuk mendapatkan pengalaman belajar di universitas terkemuka di luar negeri menjadi motivasi utama Sherin dalam mengikuti program ini.

“Aku sendiri sudah mulai menyiapkan pendaftaran IISMA dari tahun lalu. Selain itu, aku juga ingin mengeksplor mata kuliah di luar jurusanku saat ini di Universitas Andalas, Kesehatan Masyarakat dengan memilih course yang sesuai dengan minatku dari course yang ditawarkan universitas yang menjadi partner IISMA. Selain itu, aku juga ingin berbaur dengan masyarakat di negara tujuan, memahami budaya dan kebiasaan mereka, serta mendapatkan global network dan pengalaman dari perkuliahan selama IISMA. Kata Sherin saat diwawancarai oleh wartawan UKPM Pena via Whatsapp(19/05).

Untuk yang dipersiapkan di pendaftaran tahap awal itu ada essay, score english proficiency test, surat rekomendasi dari universitas, transkrip nilai dalam bahasa Inggris, dan tiga surat deklarasi. Persiapan yang paling diperlukan untukku adalah belajar untuk english proficiency test. Aku memilih duolingo english test sebagai english proficiency test. Untuk mendapatkan skor yang mencukupi persyaratan IISMA, aku belajar dari platform detready dan menonton video Teacher Luke di Youtube. Jelas Sherin.

Sherin juga mengatakan tidak banyak kendala yang ia alami selama proses pendaftaran program IISMA ini, karena menurutnya pihak International Office Universitas Andalas sangat kooperatif dan membantu sehingga proses pendaftaran berjalan dengan lancar, kecuali ada beberapa dokumen yang mengharuskan Sherin bolak-balik dari daerah domisili yaitu Pesisir Selatan ke kampus.

Sherin dinyatakan lolos di University of Szeged, Hungaria. Sherin juga mengatakan alasan dirinya memilih University of Szeged adalah karena course yang ditawarkan universitas ini menarik dan sesuai dengan minat dirinya, University of Szeged juga merupakan universitas terbaik nomor 1 di Hungaria serta lokasi universitas ini yang ada di Eropa membuat dirinya yakin untuk memilih University of Szeged.

“Untuk pesan motivasi, aku ingin menyampaikan ke para mahasiswa yang sedang berjuang menggapai mimpinya untuk selalu memberikan yang terbaik, tetap semangat, dan selalu mencari peluang. Do your best, believe in yourself, pray, and I'm sure you'll get what you dreamed of! Semoga teman-teman yang sedang membaca ini dan memiliki mimpi belajar ke luar negeri sepertiku bisa mendapat kesempatan untuk mewujudkan mimpinya juga suatu hari nanti” tutup Sherin ketika ditanya terkait harapannya di akhir wawancara.

 

Caroline Anggi dan Nindi Octaviani

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Aksatawani

 


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama