INFOGRAFIS

 ISBN

            ISBN (International Standart Book Number) adalah kode peng-identifikasian buku yang bersifat unik. Kode yang terdiri dari deretan 13 digit angka ini mencakup judul, penerbit, dan kelompok penerbit suatu buku (atau cetakan lainnya). ISBN ini berfungsi sebagai pemberi identitas, sehingga tidak ada buku yang memiliki ISBN yang sama. ISBN sendiri umum dicetak pada bagian bawah sampul belakang buku, verso atau halaman copyright yang terletak di balik halaman judul, dan dapat juga terletak pada spine (punggung) buku-buku tebal.

ISBN diberikan oleh Badan Internasional ISBN yang berkedudukan di London, Inggris. Sedangkan untuk wilayah Indonesia, Perpustakaan Nasional RI adalah Badan Nasional yang berhak untuk memberi ISBN pada penerbit di wilayah Indonesia.

Selain memberikan identitas terhadap satu judul buku yang diterbitkan oleh penerbit, ISBN juga dapat membantu memperlancar arus distribusi buku serta sarana promosi bagi penerbit.

Tiap angka yang dipisah dengan tanda hyphen (-) pada ISBN mewakili hal tertentu. Tiga digit pertama mewakili angka pengenal produk terbitan buku dari EAN, tiga digit selanjutnya adalah kode kelompok, empat digit setelahnya kode penerbit, dua digit setelahnya kode judul, dan satu digit terakhir sebagai angka pemeriksa.

Beberapa terbitan yang dapat diberikan ISBN di antaranya buku tercetak dan pamflet, terbitan braille, buku peta, film, video, dan transparansi yang bersifat edukatif, audiobooks pada kaset, CD, atau DVD, terbtan elektronik, salinan digital dari cetakan monograf, terbitan microfom, software edukatif, dan mixed-media publications yang mengandung teks.

 

 

Sumber : https://isbn.perpusnas.go.id

 

Fitri Aidina Ilhamy

UKPM Pena BEM KM FKM UNAND

Generasi Aksatawani

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama