[BERITA] Bakti Sosial 2022: “Menebar Kasih, Membangun Empati dan Simpati Melalui Bakti Sosial di Bulan Suci”

 Bakti Sosial 2022: “Menebar Kasih, Membangun Empati dan Simpati Melalui Bakti Sosial di Bulan Suci”


Gambar 1 Pamflet Bakti Sosial 2022

 

Padang (22/04/2022) - Badan Ekslusif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas (BEM KM FKM Unand) telah menyelenggarakan Bakti Sosial (Baksos) yang dilaksanakan secara offline di Panti Asuhan Mentawai dan Yatim Piatu Ulu Gadut H.Syafri Moesa. Acara ini mengusung tema “Menebar Kasih, Membangun Empati dan Simpati Melalui Bakti Sosial di Bulan Suci”. Baksos atau Bakti Sosial merupakan program kerja dari Dinas Sosial Masyarakat BEM KM FKM Unand yang bertujuan untuk meningkatkan peran aktif Mahasiswa FKM Unand dalam memberikan pelayanan kesehatan dan berbagi kepada masyarakat. Rangkaian acara dimulai dari pukul 14.30 WIB hingga 16.00 WIB yang dipandu oleh Abdul Hamid Hakim dan Dzakhira Indria Syafitri.

Kegiatan diawali dengan pembukaan MC formal oleh Abdul Hamid Hakim dan Dzakhira Indria Syafitri, diiringi pembacaan Al-Qur’an oleh Rifat Ilhami. Rangkaian acara selanjutnya yaitu kata sambutan dari ketua pelaksana yaitu Afadhil Arnandes Putra dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Gubernur BEM KM FKM Unand yaitu Naufal Agil Nasher. Sebelum pembacaan doa dilakukan, kata sambutan juga diberikan oleh Pengurus Panti Asuhan Mentawai dan Yatim Piatu Ulu Gadut H. Syafri Moesa, oleh Bapak H. Syafri Moesa.

Setelah acara pembukaan berlangsung, dilanjutkan dengan pemaparan materi pertama yang sangat menarik oleh Fitri Dwi Syahti. Pemaparan materi pertama ini membahas PHBS atau Pola Hidup Bersih dan Sehat yang diikuti dengan simulasi cuci tangan dengan benar. Materi selanjutnya disampaikan oleh Mutia Azahra dengan tema pola hidup sehat saat berpuasa. Pemaparan materi kedua ini mencakup tips hidup sehat, dimulai dengan konsumsi air, pentingnya sahur dan tips memilih makanan disaat berbuka. Kedua pemaparan materi ini disertai dengan pemutaran video animasi agar lebih menarik dan mudah dipahami.

Rangkaian acara kemudisan disertai dengan games agar peserta tidak merasa bosan. Games pertama yaitu “4G”, cara bermainnya dengan menggambar pertanyaan yang telah dibacakan oleh MC. Games kedua yaitu “Bos Berkata” untuk melatih peserta dalam menyimak dan juga berkonsentrasi kepada 1 arahan suara. Games ini memerlukan 1 orang pemandu yang bertugas menjadi seorang ‘Raja’. Masing-masing games ini berdurasi 15 menit dan dilaksanakan setiap pemaparan materi sudah selesai disampaikan.

 


Gambar 2 Penyaluran santunan oleh Ketua Pelaksana dan Gubernur KM FKM Unand

Rangkaian acara terakhir yaitu penyaluran santunan kepada Ketua Panti Asuhan Mentawai dan Yatim Piatu Ulu Gadut H. Syafri Moesa yang diberikan oleh Ketua Pelaksana Bakti Sosial 2022 serta Naufal Agil Nasher selaku Gubernur KM FKM Unand. Kemudian dilanjutkan dengan acara penutupan Bakti Sosial dengan melaksanakan buka bersama Panitia Bakti Sosial 2022 dan Anggota BEM KM FKM Unand.

“Harapan Fadhil untuk kegiatan Bakti Sosial tahun 2022, semoga apa yang telah dilaksanakan bermanfaat bagi adik-adik panti, apa yang kami berikan juga bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh adik-adik panti. Mudah-mudahan dengan dilaksanakan Baksos ini makin mempererat hubungan antara sesama Warga FKM karena Panitia Baksos 2022 tidak hanya dari BEM saja tetapi juga dari Warga FKM.” Ujar Afadhil Arnandes Putra selaku Ketua Pelaksana Bakti Sosial 2022 di ujung wawancara.

 

Nabila Tiara Rahma Dewi dan Mirqi Rahmiani Yasra

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Aksatawani




Post a Comment

Lebih baru Lebih lama