RAPI 05 [ Pemalakan di Lingkungan Unand Mulai Bermunculan, Bagaimana Solusinya ? ]

Semenjak Universitas Andalas melakukan pembelajaran tatap muka pada tanggal 14 Februari 2022, hingga saat ini bermunculan kabar terjadinya pemalakan di lingkungan kampus Universitas Andalas, banyak jeritan dari para mahasiswa yang sudah menjadi korban pemalakan tersebut. Tetapi, petugas keamanan Unand seakan tutup telinga dan malah mempertanyakan kekritisan berpikir dari mahasiswa.

Tentu hal tersebut menjadi polemik yang membuat para mahasiwa jengkel, sudahlah mereka menjadi korban pemalakan kini malah dikatakan tidak berpikir kritis. Tentunya dengan sudah banyaknya korban pemalakan ini, pimpinan kampus hendaknya turun tangan untuk mencarikan solusi yang tepat dari masalah ini. Jika tidak ditangani secara cepat, maka para pelaku pemalakan ini akan semakin merajalela dan akan semakin banyak lagi yang akan menjadi korban.

Solusi yang tepat dilakukan adalah bagi para mahasiswanya terlebih dahulu, mahasiswa diharapkan bisa berhati-hati dan tidak mudah percaya kepada orang yang tidak dikenal di lingkungan kampus, bagi petugas keamanan bisa lebih bertanggung jawab dan memperhatikan kondisi di keamanan di lingkungan kampus, dan bagi para pimpinan diharapkan bisa mengeluarkan kebijakan yang dapat menjamin kenyaman dan keamanan warga kampus, serta bisa lebih menyeleksi siapa saja orang yang masuk kedalam lingkungan kampus.

Maka dari hal tersebut dapat kita simpulkan bahwa, mahasiswa ataupun petugas keamanan dan juga pimpinan kampus harus saling bekerja sama dan berkomunikasi untuk menghindari terjadinya kasus-kasus pemalakan yang meresahkan di lingkungan ampus Universitas Andalas, sehingga sedikit demi sedikit kasus pemalakan ini dapat ditanggulangi dengan baik.

 

Niatul Aini Hendri

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Aksatawani

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama