MADING 06

Mading 6

Tema: Hujan

1. Pojok Quotes

 

Bersyukurlah atas air yang telah turun dari langit, jika ia tak turun dunia terasa hampa dan bunga-bunga tak akan mekar bagaikan hidup tanpa aturan

- Miftahul Jannatul Husna -

 

2. Pojok Sastra

Hujan

Oleh: Syifa Urrahmah

 

Tak seindah yang kau kira

Tak semenakutkan yang kau pikir

Hujan memang sedingin utara

Namun, ia juga sedamai sunyi

 

Bukan, bukan mempermasalahkan hujan

Tapi hanya penasaran

Mengapa ia turun disaat pilu?

Apakah ini sebuah tanda perpisahan?

 

Jangan salahkan hujan

Ia turun karena kehendak-Nya

Bukan semata karena kau, sayang

Ia jatuh untuk bumi kita

 

Berkah dan malapetaka

Senang dan sedih

Datang dan pergi

Dua sisi hujan, kau pilih yang mana?

 

3. Pojok Info

 

5 Fakta yang Akan Membuatmu Menyukai Hujan

 

1. Suara rintik Hujan dapat Menenangkan Pikiran

Suara rintik hujan dapat digunakan sebagai media meditasi dan merilekskan pikiran dari jenuhnya kegiatan sehari-hari. Padatnya aktivitas yang dilakukan setiap hari, mulai dari pagi hingga sore bahkan malam menyebakan tubuh jenuh dan letih. Suara rintik hujan dapat menjadi satu dari banyak media meditasi yang dapat dilakukan dengan mudah. Suara rintik hujan masuk ke dalam karakteristik suara jenis white noise, yaitu suara yang konstan sehingga mampu menutupi suara-suara lain yang cenderung berisik. Hal ini membuat kita hanya fokus pada suara hujan yang membuat pikiran kita menjadi rileks.

2. Aroma Khas Petrichor

Petrichor atau aroma yang muncul dari tanah yang basah karena air hujan. Aroma yang menenangkan dan khas yang menyapa indra penciuman ini dapat menimbulkan perasaan senang ketika menciumnya. Hal ini juga menyebabkan kita sering mengingat kenangan positif di masa lalu. Ingatan ini membuat kita nyaman dan tenang di kala hujan turun.

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Tidur di saat hujan ternyata dapat meningkatkan kualitas tidur dan pikiran yang rileks. Pikiran yang rileks akan membantu otot-otot dan saraf-saraf menjadi tenang sehingga kita dapat tidur dengan nyenyak. Bahkan pakar kesehatan menyarankan pada penderita insomnia untuk tidur disaat turun hujan atau sambil mendengarkan rekaman suara hujan.

4. Kemampuan Hipnotis

Para Ilmuan menemukan fakta bahwa hujan memiliki kemampuan dapat meresonansikan ingatan masa lalu dan menghipnotis manusia, bahkan memberi inspirasi bagi manusia.

5. Mempengaruhi Pikiran Positif

Orang yang menyukai hujan mengalihkan rasa depresinya dengan mendengarkan suara hujan, baik saat hujan berlangsung maupun mendengarkan rekamannya saja. Pikiran tenang yang dimilikinya membuat si penyuka hujan lebih mudah mengontrol emosi, peka terhadap sekitar, dan selalu berpikiran positif. Sensasi rileks yang dirasakan saat mendengar suara rintik hujan juga menjadi salah satu kelebihan hujan di bidang kesehatan.

 

Referensi: https://www.idntimes.com/life/inspiration/rahmalia-nurida-1/jangan-mengeluh-5-fakta-ini-akan-membuatmu-menyukai-hujan-c1c2

Afifah Khairunnisa

 

4. Pojok Tips

Tips Menjemur Pakaian Saat Musim Hujan

Musim hujan telah tiba. Meski hujan dikatakan membawa rezeki, tetapi bisa membawa ketidaknyamanan. Salah satunya masalah saat jemur pakaian yang tak kunjung kering akibat minimnya sinar matahari. Sinar matahari menjadi sumber daya alam terpenting untuk mengeringkan pakaian yang telah dicuci bersih. Namun ketika musim hujan, sinar matahari akan terasa lebih sulit untuk didapatkan.

Alhasil, pakaian akan membutuhkan waktu yang lama untuk benar-benar kering. Selain itu, kurangnya sinar matahari juga bisa membuat pakaian yang dijemur berisiko lembap dan menimbulkan bau apek

1.      Prioritaskan pakaian yang butuh lebih cepat untuk dipakai

Memprioritaskan pakaian yang akan lebih dulu dipakai merupakan tips agar cucian cepat kering saat musim hujan. Jangan memasukkan seluruh pakaian kotor sekaligus ke dalam mesin cuci jika terik matahari tidak terlihat. Mama bisa memilih pakaian kerja, seragam sekolah anak, atau jas Papa untuk dicuci lebih dulu.

Dengan begitu, tidak akan ada tumpukan cucian yang belum kering di jemuran Mama. Jumlah cucian di jemuran bisa memengaruhi kecepatan keringnya pakaian. Jika tidak terlalu banyak yang dijemur maka semakin banyak rongga udara sehingga pakaian lebih cepat kering.

2.      Mencampur handuk kering dengan pakaian yang baru dicuci untuk menyerap sisa air.

Tips agar cucian cepat kering saat musim hujan lainnya adalah menambahkan handuk kering di antara pakaian yang baru selesai dicuci. Pertama, ambil handuk kering dan taruh di atas cucian yang baru dicuci dalam mesin cuci, lalu pilih tombol untuk mengeringkan. Atau bisa juga dengan merentangkannya di atas handuk lalu mengggulungnya. Handuk akan menyerap kelembapan dan mencegahnya diserap kembali ke dalam pakaian.

3.      Cara menggantung cucian yang dijemur berdasarkan jenisnya

        Cara menggantung pakaian juga menjadi salah satu tips agar cucian cepat kering saat musim hujan. Saat menggantung hoodie, jepit bagian kepala dan leher hingga seakan terbentang. ini dapat memaksimalkan area yang terbuka dan mempercepat pengeringan. Untuk mengeringkan kemeja, kancing kerahnya dan tegakkan. Dengan begini, pakaian akan kering tanpa kerah yang masih basah.

            Sementara untuk jeans yang memiliki kantong, kamu bisa membalik ke sisi dalam celana lalu menggantungnya pada gantungan dengan penjepit. Gantungan jenis ini akan membuat bahan celana tidak saling menempel sehingga mempercepat pengeringan. Jika ingin mengeringkan kaos, pilih hanger jas untuk mencegah bahan bagian depan dan belakang saling menempel. Kemudian untuk seprai, gunakan jemuran model berdiri yang direntangkan. Jemur seprei di atas dua bagian besinya sehingga bahan seprei tidak saling menempel.

4.      Menggunakan jemuran model berdiri atau jemuran bertingkat

Tips agar cucian cepat kering saat musim hujan adalah menjemurnya dengan menggunakan jemuran model berdiri atau bertingkat. Mama hanya tinggal menggantung pakaian atau merentangkan di atasnya agar benar-benar kering. Besi pada jemuran ini memberi ruang sehingga mencegah bahan pakaian saling menempel.

5.      Menggunakan setrika untuk mengurangi kelembapan yang tersisa

            Kamu bisa mengeringkan pakaian musim hujan dengan bantuan setrika. ini karena setrika panas dapat mengurangi kelembapan yang tersisa pada pakaian. Jika kamu masih menemukan ada bagian yang masih lembap pada pakaian dengn bahan tebal, seperti jeans atau sweater maka menyetrika akan mengeringkannya dengan mudah. Untuk mencegah kerusakan pada pakaian, kamu bisa meletakkan kain di atasnya sebelum menyetrika.

6.      Letakkan Pakaian di Dekat Jendela

Saat musim penghujan tiba, sinar matahari akan lebih sulit didapatkan. Oleh karena itu, mau tidak mau, kita harus mengeringkan pakaian dengan menjemurnya di dalam rumah. Salah satu cara yang bisa kita coba agar pakaian cepat kering, yakni menjemurnya di dekat jendela. Sebab, jendela merupakan tempat yang paling cerah dan terang di dalam rumah.

Cara ini akan memaksimalkan jumlah sinar matahari yang diterima pakaian sekaligus memungkinkan aliran udara paling banyak sehingga lebih mudah kering.Ketika pagi hingga siang hari, kamu bisa membuka jendela tersebut untuk membiarkan angin masuk ke dalam rumah dan mempercepat waktu pengeringan pakaian.

Allysa Firzitullah

 

5. Pojok Humor

 

Akan selalu ada pelangi setelah hujan. Tapi,hujannya kadang sering malam jadi pelanginya gak keliatan, deh

- Zahra Malika Ilmi -

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama