MADING 03

 

TEMA : TENTANG JARAK

Pojok Quotes

“Nanti, sekalipun jarak sengaja memisahkan kita aku harap kamu tidak ragu, kalau aku tetap disini, menunggu kamu kembali kepadaku”

Radisa Audrien Fanry

“Percayalah! Meskipun terpisah oleh jarak. Namun, selagi masih berada dibawah langit yang sama. Itu tidak akan mengurangi kebahagiaan yang akan tercipta nantinya”

Meina Lisa

 

Pojok Sastra

Yakinkan, Aku Pasti Bisa Ayah

Seberkas sinar mentari masuk ke dalam bilik kamar, menandakan pagi yang mulai cerah. Lola berusaha menguatkan tubuhnya untuk bisa bangkit dari posisi tidurnya. "Hm.. Sudah 2 bulan hidup sendiri di apartemen ini. Tapi kenapa masih terasa sedih dan sepi, ya?" tanya Lola pada dirinya.

Di sebuah apartemen berukuran 6x10 Lola mulai membiasakan diri untuk hidup mandiri. Semua pekerjaan dilakukan sendiri tanpa ada bantuan dari orang lain. Bahkan di beberapa pekerjaan membuat tangan atau kakinya terluka, seperti tangan yang terkena setrikaan, bekas luka kaki akibat knalpot, dan masih banyak lagi. Sering kali disaat seperti itu, Lola mengingat ayahnya lalu menangis sendiri karena sang ayahlah yang selalu hadir untuk membantunya bahkan pekerjaan kecil sekalipun seperti mengerjakan tugas sekolah.

Kedekatan Lola dengan ayahnya memang sudah terkenal dikampungnya. Bahkan tak jarang tetangga mereka mengungkapkan keinginannya untuk memiliki anak perempuan seperti Lola saat sudah berkeluarga nanti. Masih sangat melekat kuat kenangan di 2 bulan yang lalu, saat keluarganya mengantarkan Lola untuk tinggal di apartemen ini.

 "Jaga dirimu, nak. Tujuan awal datang kesini adalah menuntut ilmu bukan yang lain. Ayah percaya padamu, jaga kepercayaan itu dan buat ayah jadi bangga dan bahagia, La" ucap Ayah.

"Tapi Lola gak mau sekolah disini, Ayah. Masih ada sekolah yang dekat dengan rumah kita, kan? Lola bisa sekolah disitu aja, Ayah. Disini Lola sendiri, gak ada siapa-siapa. Lola sebatang kara disini, kalau Lola sakit nanti siapa yang bakal jagain Lola disini? Kalau ada orang yang jahat disini, siapa yang bakal belain Lola? Cuman Ayah yang ngerti Lola. Kita pulang sama-sama aja ya, Ayah" balas Lola menyakinkan ayahnya.

"Sudahlah, Nak. Kalau bukan dimulai dari tempat ini, lalu darimana lagi Ayah bisa mengajarkan hidup mandiri padamu. Ayah yakin dengan anak perempuan yang satu ini. Lola anak kebanggaan Ayah, anak pintar, baik, tidak mudah putus asa, suka tantangan, mandiri dan bersemangat. Kamu harus bisa buktikan bahwa ilmu yang Ayah ajarkan selama ini bisa Lola terapkan. Dan buktikan kesemua orang bahwa Lola, anak kesayangan Ayah adalah orang hebat" jelas Ayah penuh semangat menyakinkan Lola.

"T Ta-pi, Yah"

"Gak ada tapi-tapian. Lola harus memulainya dari sekarang. Kalau butuh apa-apa telpon aja Ayah, ya Nak. Jangan malas makan biar gak sakit, kalau sempat sakit nanti gak jadi anak hebat lagi, dong, ayah gak punya anak kebanggaan lagi. Sekolahnya juga harus jalan terus, ya. Jangan pernah bolos kelas. Kalau mau pergi keluar hati-hati, ya Nak. Jaga diri baik-baik karena gak semua orang baik meskipun kelihatannya baik, Nak. Kalau mau minta tolong bilang aja sama satpam yang disini. Pokoknya kepercayaan Ayah 100% Lola pasti bisa" jelas Ayah.

"Ayah .... I love you" ucap Lola sambil memeluk erat tubuh ayahnya.

"Ayah juga sayang kamu, Nak" balas Ayah yang mencoba tegar dan kuat didepan putrinya meskipun sesekali air matanya menetes. Dengan sigap langsung di hapus oleh Ayah.


        Air mata Lola menetes dengan deras mendengar perkataan ayahnya yang begitu percaya akan keberhasilannya. Memeluk erat tubuh ayahnya sambil sesekali berkata "Ayah, Lola akan buat Ayah bangga dan bahagia". Tersadar dari lamunannya Lola melihat jam yang mulai menunjukkan pukul 07.30 WIB. Lola langsung bergegas bangkit dari ranjangnya menuju kamar mandi. "Ya ampun, aku kan ada kelas pagi ini" ucap Lola pada dirinya.

 Putriani Tambunan

Pojok Info

Voip terobosan komunikasi jarak jauh

 

VoIP merupakan teknologi yang melakukan komunikasi jarak jauh dengan memanfaatkan jaringan internet dengan protocol jaringan seperti H.323, MGCP, SIP, RTP, SDP, atau IAX. Fungsi utama dan juga jadi keunggulan dari VoIP adalah menghubungkan manusia antar kota, pulau, hingga benua. Beberapa contoh dari teknologi VoIP antara lain aplikasi messenger seperti LINE, WhatsApp, dan WeChat. Selain itu,ada juga aplikasi video conference seperti Webex meetings, Zoom, Skype, dan lain sebagainya.

VoIP memiliki 4 fungsi yaitu fungsi signaling, di sini VoIP berperan dalam menerima jaringan dari penelepon. Setelah menerima jaringan tersebut, terjadilah inisiasi atau penyampaian percakapan. Dengan begitu, penelepon dan pendengar bisa saling berkomunikasi dengan kualitas suara yang jernih.Kemudian, diteruskan dengan fungsi database service, yaitu pencarian lokasi tujuan akhir (end point). Selain itu, fungsi ini juga menerjemahkan alamat yang dipakai dalam dua jaringan berbeda. Fungsi lain dari VoIP adalah bearer control yang memungkinkan pengguna untuk menerima, menolak, atau memutuskan panggilan telepon. Terakhir, ada fungsi coded operation yang mentransmisi atau mengubah suara menjadi paket data, begitu juga sebaliknya.

 

Sumber : https://edavos.com/voip-adalah/

Siti Rahmawati Ayunda

Pojok Tips

Tips Menjaga Komunikasi yang Baik Walupun Terhalang Jarak

Di Masa Pandemi Covid-19

1.     Tetap berkirim pesan, tapi jangan berlebihan

Menjaga komunikasi jarak jauh yang paling mudah dilakukan kapan pun dan dimana pun adalah dengan saling berkirim pesan, baik melalui chat di media sosial maupun WhatsApp. Namun  ingat, jangan berlebihan dalam berkirim pesan karena bercakap-cakap melalui pesan teks juga rawan terjadi salah paham.

2.     Manfaatkan panggilan video

Teknologi benar-benar memanjakan generasi yang bisa menikmatinya saat ini. Jika dulu orang bisa berhubungan lewat telepon hanya bisa mendengarkan suara, kali ini orang-orang bisa berbicara dengan orang yang ada jauh di sana dengan secara langsung melihat wajahnya. Meski sama-sama tidak bisa berjumpa secara fisik, setidaknya pertemuan yang difasilitasi teknologi ini cukup untuk meningkatkan komunikasi yang baik.

3.     Luangkan waktu

Kita bisa meluangkan sedikit waktu untuk berbicara melalui telepon atau panngilan video, agar anda dapat memanfaatkan waktu mengobrrol dengan semaksimal mungkin.

4.     Berikan pertanyaan yang asik ketika berkomunikasi

Anda bisa memancing lawan bicara dengan pernyataan atau pertanyaan yang asik dan menarik, agar komunikasi yang Anda jalani tidak terlihat menoton dan kaku serta cendrung tidak penting.

5.     Jangan remehkan kebersamaan

Terakhir adalah hargai waktu dengan sebaik mungkin. Apapun yang sudah terjadi sebelumnya, dan Anda rasa kurang bisa memanfaatkan kebersamaan dengan baik, tanamkanlah tekad untuk tidak mengulanginya nanti, jika semua sudah membaik. Karna dengan adanya jarak rasa ingin bersama dan berkomunikasi dengan asik akan tercipta.

 

Sumber :

https://www.kompas.com/tren/read/2020/05/12/204526265/7-tips-jaga-komunikasi-jarak-jauh-di-masa-pandemi-corona?page=all

 

Niatul Aini Hendri

 

Pojok Humor

Nyolong Sendal

Idin : “Mau kemana kamu, Din?”

Udin : “Sholat Jumat ke mesjid lah biar dapat pahala.”

Idin : “Alah bilang aja mau nyolong sandal.”

Udin : “Kalau ngomong mulutnya dijaga yah, untung hari Jumat. Kalau nggak, udah gua gampar lu din.”

Idin : “Ya maaf, Din. Lah terus kenapa itu sandal nggak pakai tapi malah ditenteng?”

Udin : “Ya ini mau dituker soalnya yang kemarin kekecilan. Hehehe.”

Iidn : “Wooo dasar Din Din!”

Aurelia Mayori



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama