INFOGRAFIS

5 Sastrawan Legendaris Indonesia yang Tercatat Dalam Sejarah Dunia

Karya-karya sastra luar biasa Tanah Air, pastinya tidak dapat terlepas dari tangan dingin para penulis legendaris Indonesia. Bahkan berkat tulisannya, mereka berhasil mencatatkan nama dalam sejarah dunia. Lewat tulisan, mereka telah banyak berkontribusi pada perjalanan panjang kesusastraan di Indonesia.

Dengan tetap menggandeng latar budaya Indonesia, para penulis legendaris ini mampu menyuguhkan alur cerita yang apik dan dibaca hingga ke berbagai penjuru dunia. Begitu berkesan, bermakna, dengan sentuhan sejarah yang kuat. Bahkan, karya-karya tersebut hingga sekarang tidak memudar dan masih banyak dicari sampai hari ini.

Berikut daftar 5 sastrawan legendaris Indonesia yang tercatat dalam sejarah dunia

1.       Pramoedya Ananta Toer

Pram bukanlah penulis biasa. Dalam banyak karyanya, ia selalu menawarkan cara pandang sejarah yang berbeda. Berkat tulisannya Pram telah dihadiahi berbagai penghargaan internasional. Di antaranya, Freedom to Write Award dari PEN American Center, Wertheim Award, Ramon Magsaysay Award, UNESCO Madanjeet Singh Prize, dan banyak lagi.

Karya-karya berkualitas Pramoedya, sang maestro dunia kepenulisan Indonesia ini akan tetap menjadi bacaan 'mahal' dan berbobot, sampai hari ini.

2.      Buya Hamka

Prof. DR. H. Abdul Malik Karim Amrullah, adalah seorang sastrawan legendaris Indonesia yang populer dengan nama pena Buya Hamka, yang juga merupakan seorang ulama. Pria kelahiran Sumatera Barat, 17 Februari 1908 ini kerap menuangkan gugatannya terhadap adat Minangkabau. Terutama, soal kawin paksa. Semasa hidupnya Ia berkiprah sebagai wartawan, penulis, dan pengajar. Terkhusus, dalam bidang filsafat, sastra, sejarah, sosiologi, politik, Islam, maupun Barat.

3.      Nh. Dini

Nurhayati Sri Hardini atau lebih akrab dikenal dengan Nh. Dini merupakan salah satu penulis legendaris Indonesia yang masih eksis berkarya hingga usia senja. Dini adalah anak seorang pembatik Jawa yang hidup dan tumbuh dengan mendengarkan berbagai cerita sastra tradisional dari ibunya.

Berbagai karya sastranya ditulis dengan nada sederhana, agak konvensional, dan mengungkap sisi lain realita kehidupan peran manusia, terutama wanita.Penulis angkatan 66 ini berhasil melahirkan tak kurang dari 40 judul buku. Ia juga dianugerahi berbagai penghargaan di panggung sastra internasional.

4.      Mochtar Lubis

Penulis legendaris Indonesia berikutnya yakni Mochtar Lubis, seorang jurnalis dan pengarang ternama. Mochtar Lubis merupakan lulusan HIS dan Sekolah Ekonomi Kayu Tanam yang juga belajar tentang jurnalisme dan beberapa bahasa asing secara otodidak

5.      Suwarsih Djojopuspito

Suwarsih Djojopuspito adalah seorang penulis wanita Indonesia yang menulis novel dalam 3 bahasa sekaligus yaitu Sunda, Belanda, dan Indonesia.  Suwarsih Djojopuspito lahir pada 21 April 1912, dan tutup usia pada 24 Agustus 1977. Semasa hidupnya hidupnya, wanita hebat ini telah melahirkan 9 buku yang telah mendunia. Dan yang paling terkenal berjudul Manusia Bebas atau Buitenj het Gareel (bahasa Belanda).

Sumber: https://yoursay.suara.com/lifestyle/2021/08/17/082000/5-penulis-legendaris-indonesia-yang-tercatat-dalam-sejarah-dunia

Athifa Rahmadini

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Aksatawani

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama