RAPI 03 [ Beberapa Universitas Kembali Menerapkan PJJ. Apakah Indonesia Sudah Layak Menerapkan PTM? ]

    Beberapa Universitas Kembali Menerapkan PJJ. Apakah Indonesia Sudah Layak Menerapkan PTM? 

    Sebagaimana kita ketahui, virus Covid-19 varian Omicron mulai merebak di Indonesia, hal ini menyebabkan beberapa universitas mulai mengkaji ulang kebijakan-kebijakan kampus untuk memulai perkuliahan tatap muka terbatas (PTM). Contoh saja Universitas Brawijaya, peningkatan kasus Covid-19 varian Omicron di Kota Malang menyebabkan pihak kampus memutuskan untuk menyelenggarakan perkuliahan daring, yang mana sebelumnya telah melaksanakan perkuliahan secara hybrid.

    Berbanding terbalik dengan Universitas Brawijaya, Universitas Andalas tetap melaksanakan perkuliahan tatap muka terbatas (PTM). Keputusan ini mungkin diambil oleh pihak kampus dikarenakan kasus virus Covid-19 varian Omicron di wilayah Sumatera Barat belum meningkat.

    Apakah Indonesia sudah layak melaksanakan PTM? Jawabannya dikembalikan lagi  kepada instansi-instansi pendidikan yang akan melaksanakannya. Pelaksanaan PJJ dan PTM memiliki dampak yang  berbeda terhadap proses perkuliahan maupun hasil dari perkuliahan tersebut. Pelaksanaan PJJ memang sangat dianjurkan untuk masa pandemi seperti sekarang ini, hanya saja bagi para mahasiswa, PJJ sedikit menghalangi diri mereka untuk lebih berkembang baik secara akademis dan non-akademis. Keterbatasan interaksi antarsesama juga menghalangi hubungan sosial di kalangan mahasiswa.

    Sebaliknya, pelaksanaan PTM pada saat pandemi memiliki resiko yang cukup besar terlebih sedang merebaknya kasus Covid-19 varian Omicron di Indonesia. Namun PTM memberikan cukup banyak dampak positif bagi mahasiswa yang tidak mereka dapat saat dilaksanakannya PJJ.

Sumber :

Artikel “Kasus COVID-19 di Malang Meningkat, UB Kembali Terapkan Kuliah Online” melalui link https://www.detik.com/edu/perguruan-tinggi/d-5938525/kasus-covid-19-di-malang-meningkat-ub-kembali-terapkan-kuliah-online Diakses pada Sabtu 19 Februari 2022 pukul 07.30 WIB

Artikel “LLDikti Wilayah 3 Imbau Kampus di Jakarta Kembali PJJ” melalui link https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/8KyJ4gvN-lldikti-wilayah-3-imbau-kampus-di-jakarta-kembali-pjj Diakses pada Sabtu 19 Februari 2022 pukul 07.30 WIB

 

Mhd. Naufal Aryaz

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Aksatawani

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama