MADING 02

 TEMA : MENJADI YANG UTAMA


POJOK QUOTES

“Dari setiap lembaran cerita, dari setiap halaman bukunya, selalu ada namanya dan pemeran utamanya masih sama, sampai kapanpun masih dia tokoh utamanya.”

Shinta Bella

POJOK SASTRA

Surat Untukmu

Neptunus dengan cincin indahnya

Bintang di Langit dengan kelap-kelipnya, menyinari langit malam

Senyum mentari di pagi hari

Semua sudah pada tempatnya

 

Namun, bagaimana jika tidak?

Kecewa

Rasa bersalah meliputi

Hingga pilihan untuk menyerah

 

Sesuatu berbisik, “Bangun, bangkitlah!”

Bukan saatnya untuk tertidur. Badai bisa datang kapan saja

Tapi tekad yang kuat dapat mengalahkannya

Jangan menyerah!

 Zerly Affi Walti

POJOK INFO

Pentingnya Menentukan Prioritas Utama

 

Dalam kehidupan sehari-hari dan banyaknya kesibukan yang kamu miliki, rasanya 24 jam saja tidak cukup. Banyak hal yang kamu lakukan dan kamu bingung harus melakukan kegiatan yang mana dulu dari sekian banyak aktivitasmu. Hal ini disebabkan karena kamu belum paham bagaimana menyusun skala prioritas yang benar.

 

Menurut para ahli, prioritas memiliki kata dasar ‘prior’ yang berarti ‘primer’ atau ‘dasar’ atau ‘yang utama’. Ada beberapa definisi mengenai kata prioritas. Oxford dictionary mengatakan istilah prioritas sebagai keadaan dimana seseorang atau sesuatu dianggap atau diperlakukan lebih penting daripada yang lainnya.

 

Menentukan skala prioritas harus dimulai dari pemahaman akan hal-hal dasar yang sederhana. Steve R. Covey dalam bukunya “First Things First” menguraikan konsep manajemen prioritas berdasarkan penting dan mendesaknya suatu kegiatan. Covey menguraikannya dalam bentuk empat kuadran. Kuadran I untuk hal yang penting dan mendesak, Kuadran II untuk hal penting dan tidak mendesak, Kuadran III untuk hal tidak penting dan mendesak, Kuadran IV untuk hal tidak penting dan tidak mendesak.

 

Mengapa mengatur prioritas utama itu penting? Ketika menjalankan rutinitas, kita bisa membedakan apa yang harus terlebih dahulu dikerjakan dan mana yang bisa di nomor duakan. Dengan adanya skala prioritas, kamu tahu apa saja yang harus kamu kerjakan dengan urutan dan tujuan yang jelas.

Sumber : https://kejarmimpi.id/anak-muda-masih-banyak-yang-pelum-paham-skala-prioritas.html 

Raisha Humaira Aizet

POJOK TIPS

Tips Memperbaiki Kepribadian

 

Agar dapat diperlakukan dengan baik oleh orang-orang di lingkungan sekitarmu, kamu perlu memiliki kepribadian yang baik pula. Kepribadian yang baik tidak berarti menjadi orang  yang sempurna, karena manusia sejatinya tidak luput dari kesalahan. Namun, seseorang dengan kepribadian yang baik akan cenderung berusaha untuk menjadi seorang yang bermanfaat dan tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain. Berikut ini serentetan tips agar kepribadianmu bisa menjadi lebih baik lagi.

Mencoba untuk Lebih Ramah

Hal yang satu ini mungkin terdengar sepele, tapi sangat penting dalam membentuk kepribadian yang baik. Sikap ramah akan membantu menyebar energi positif yang nantinya juga berdampak pada diri sendiri dan orang lain di sekitar.

Mencoba Lebih Peduli dengan Orang Sekitar

Hubungan antar manusia adalah hubungan yang timbal balik. Dengan menumbuhkan sikap lebih peduli pada orang di sekitar akan membuat orang lain akan peduli pula dengan keberadaanmu.

Belajar Selalu Bersyukur

Dengan memperbanyak bersyukur, kamu akan menghargai capaian apapun yang berhasil kamu raih. Memperbanyak bersyukur juga akan menghindarkanmu dari sifat-sifat tak terpuji seperti iri hati dan tidak senang melihat orang lain bahagia.

Menikmati Semua Proses dalam Hidup

Menikmati semua proses dalam hidup, baik jatuh-bangun, susah-senang, hingga mulus-berliku, sangat perlu dilakukan. Pada dasarnya apa yang terjadi dalam kehidupan harus kita jalani saja tanpa banyak mengeluh.

Memupuk Sifat Mudah Memaafkan

Dengan menjadi seorang yang memiliki sifat mudah memaafkan orang lain, hatimu terasa lapang dan lega karena tidak memiliki rasa dendam dan benci kepada orang lain.

Menyadari Bahwa Uang Bukan Segalanya

Kebahagiaan bisa bersumber dari mana saja, bahkan sumber yang sederhana sekalipun. Maka dari itu, kita perlu menyadari bahwa uang bukanlah segalanya. Jika kita menganggap uang adalah segalanya, maka itu hanya akan membuat kita terobsesi dan akhirnya berdampak buruk pada kepribadian kita sendiri.

Selalu Miliki Pikiran yang Positif

Buang jauh pikiran negatif yang mengganggu hatimu karena hal tersebut hanya akan membuatmu khawatir dan menduga-duga. Kita harus selalu berusaha untuk berpikiran sepositif mungkin agar bisa lebih menikmati hidup dan juga menebar semangat kepada orang di sekitar.

Selalu Menjadi Pendengar yang Baik

Saat kita bisa menjadi pendengar yang baik bagi orang lain, di saat itu jugalah kita menjadi seorang dengan kepribadian yang baik. Karena orang baik adalah orang yang bisa mendengarkan keluh-kesah

Berani Menghadapi Masalah

Masalah dapat mendatangi siapa saja dalam hidup. Maka dari itu penting bagi kita untuk berani menghadapinya agar bisa menemukan jalan pemecahan yang terbaik. Jangan menghindar dari masalah karena hanya akan membuat permasalahan itu menjadi rumit.

Konsisten dengan Tujuan Hidup yang Dimiliki

Usahakan selalu konsisten, karena dengan konsistensi yang dimiliki akan membuatmu mudah dalam menjalani hidup. Konsistensi diri juga dapat berpengaruh positif pada kehidupan sosialmu.

Fitria Aidina Ilhamy, Luthfiyah Kansa, dan Athifa Rahmadini

POJOK HUMOR

Antara Sahabat dan Jabatan

Dua orang bersahabat merayakan kenaikan pangkat salah seorang dari mereka pada sebuah perusahaan ternama, yaitu PT. Kapan Saja Jaya. Mereka sibuk bercengkerama sambil menyeduh kopi hitam yang telah dipesan. Kevin sang sahabat tak henti memuji jabatan Mahmud, “Wahh, benar-benar hebat sekali kau Mud, untung aku sahabat kau, haha”.

Mahmud yang sedikit bingungpun lalu bertanya, “Beruntung bagaimana maksud kau Vin?”.

Kevin langsung menyambar pertanyaan Mahmud, “Ya iyalah Mud, engkau kan Bapak Ketua Komisi Disiplin kita, ya aku bisa dong bebas dari hukumanmu, hahaha”.

“Hooo, tenang Vin, akan aku atur itu. Semuanya akan ku bereskan asal kau beri aku satu janji”, ujar Mahmud.

Kevin yang penasaran langsung menanyakan janji tersebut, “Janji apa maksud kau Vin?”.

“Mudah saja, semua peraturan di perusahaan ini harus kau patuhi, setelahnya kau akan ku bebaskan dari hukuman apapun”, Mahmud tersenyum dengan menunjukan giginya dan pergi begitu saja.

 

 Fitri Dini Aulia Sari

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama