INFOGRAFIS

Senin, 21 Februari 2022 

MEDIA MASSA

Menurut KBBI, media massa adalah sarana dan saluran resmi sebagai alat komunikasi untuk menyebarkan berita dan pesan kepada masyarakat luas. Istilah tersebut merujuk pada jenis media yang digunakan untuk menjangkau masyarakat yang sangat luas. Kemudian istilah tersebut lebih populer dengan sebutan media saja.Dahulu, media diawali dengan versi cetak, seperti papan reklame, selebaran, koran dan majalah. Seiring perkembangan teknologi, media massa semakin berkembang dengan munculnya radio, TV, dan internet. 

Adapun jenis-jenis dari media massa, yaitu :

  1. Media cetak

Media cetak mulanya mengacu pada surat kabar yang menjadi sumber informasi utama. Namun,  jenis media ini diperluas ke jurnal, buku, hingga majalah.

  1. Outdoor media

Istilah ini mungkin jarang terdengar tetapi justru paling sering dilihat. Outdoor media biasanya menggunakan sarana-sarana tidak biasa untuk mempromosikan maupun menyampaikan sejumlah informasi. Misalnya, memasang iklan di badan bus, truk box yang berjalan, hingga di gedung-gedung. 

  1. Media penyiaran

Kini media penyiaran semakin berkembang. Masyarakat bisa mengakses konten audio dan video yang didistribusikan melalui radio dan TV. 

  1. Media digital

Media digital telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Media cetak seperti koran perlahan beralih ke media online. Untuk mengakses konten video, orang bisa menonton YouTube maupun platform lainnya. 

Sumber:

https://www.suara.com/news/2021/09/15/150050/media-massa-adalah-hal-penting-berikut-fungsi-dan-jenis-jenisnya

 

Luthfiyah Kansa

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Aksatawani

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama