RAPI 01 [ Varian Omicron Terdeteksi di Indonesia, Tepatkah Unand Berlakukan Sistem Luring?]

 

Varian Omicron Terdeteksi di Indonesia, Tepatkah Unand Berlakukan Sistem Luring?

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengumumkan temuan kasus pertama COVID-19 varian omicron di Indonesia pada Kamis (16/12/2021). Menkes mengatakan bahwa penyebaran Omicron terbukti sangat cepat. Terkait dengan temuan ini, Menkes Budi mengimbau masyarakat untuk tidak perlu panik dan tetap tenang. Yang terpenting segera melakukan vaksinasi COVID-19 terutama untuk kelompok rentan dan lansia serta tidak perlu bepergian ke luar negeri jika tidak mendesak, dan terus tegakkan protokol kesehatan 5M serta memperkuat 3T. Selanjutnya dari sisi pendidikan, Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100% di sekolah sudah berjalan di beberapa daerah. Namun tidak hanya sekolah, perguruan tinggi pun bersiap untuk membuka kampus agar perkuliahan berjalan maksimal ditengah pandemi. Plt Dirjen Diktiristek Kemendikbudristek Nizam sudah melakukan monitoring ke beberapa kampus untuk memantau persiapan PTM 100%. Menurut Nizam, pelaksanaan PTM 100% di kampus itu akan dilakukan bertahap sesuai dengan kesiapan masing-masing perguruan tinggi untuk menyesuaikan.

Disisi lain, kabar tentang sistem perkuliahan 2022 dari Universitas Andalas (Unand), dimana akan melakukan kuliah tatap muka (luring) pada semester genap tahun ajaran 2021/2022 yang akan dimulai pada 14 Februari 2022. Hal ini sesuai dengan keputusan rapat pimpinan pada Kamis (6/1/2022) di Ruang Rapat Senat Lantai 4 Gedung Rektorat Kampus Unand Limau Manis, Padang. Wakil Rektor I Unand, Prof. Mansyurdin menyatakan, kuliah tatap muka diperuntukkan bagi mahasiswa program SI dan D3 semester dua dan empat. Sedangkan untuk pascasarjana ada pengecualian, yang ikut kuliah tatap muka merupakan mahasiswa yang berada di semester dua. Meskipun perkuliahan dilakukan secara luring, tidak tertutup kemungkinan pengampu mata kuliah dapat melaksanakan metode blended learning - synchronous sesuai RPS dengan ketentuan maksimal enam kali pertemuan dalam satu mata kuliah atau 40 persen dari total pertemuan. Dosen wajib menjalankan kuliah tatap muka, kecuali yang memiliki penyakit bawaan.

Dengan adanya keputusan rapat pimpinan Unand mengenai perkuliahan di semester genap di tahun 2022 ini, maka ini menjadi kabar segar bagi Mahasiswa Unand khususnya tahun 2020 dan 2021 yang sebelumnya belum pernah melakukan kegiatan perkuliahan secara tatap muka. Namun perlu diingat, meskipun sudah diberlakukannya sistem ini, maka perlu persiapan serta prokes yang ketat yang harus dirancang dan dilakukan. menyiapkan fasilitas yang sesuai protokol kesehatan. Seperti thermogun dan juga tempat cuci tangan. Selain itu, perguruan tinggi juga menyiapkan satuan petugas yang terdiri dari elemen mahasiswa sehingga bisa memantau ketertiban dalam menjalankan protokol kesehatan. Juga menegaskan aturan yang sesuai saat perkuliahan tatap muka nantinya, agar tidak terjadi peningkatan kasus di kemudian hari.

Banyaknya kendala yang ditemukan pada saat perkuliahan daring, maka sistem kuliah luring ini diharapkan nantinya dapat meningkatkan keefektifan dan peningkatan pembelajaran bagi mahasiswa. Walaupun pembelajaran daring tampak mudah, tetapi apakah ilmu yang diajarkan telah tersampaikan dengan baik atau tidak hal tersebut belum diketahui. Kemudian bagaimana hal-hal yang dapat mengukur hasil pemahaman dan ujian mahasiswa apakah benar menunjukkan kompetensi yang bersangkutan. Maka dengan dilakukannya perkuliahan luring ini, menjadi suatu cara guna meningkatkan keefektifan sistem pembelajaran dari sisi akademis maupun non-akademis. Mahasiswa dapat lebih banyak mengeksplor ilmu dan kegiatan kreativitas mahasiswa nantinya sehingga dapat menciptakan keseimbangan dan kolaboratif. Tentunya, dengan memperhatikan protokol kesehatan dan pencegahan penularan virus corona.

Gabriella Tessalonika

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

 

Sumber:

Ihsan, Dian. “Unand Siap Jalani Kuliah Tatap Muka Mulai 14 Februari” melalui https://www.kompas.com/edu/read/2022/01/10/144303571/unand-siap-jalani-kuliah-tatap-muka-mulai-14-februari?page=all. (diakses Selasa, 18 Januari 2022)

Varian Omicron Terdeteksi di Indonesia melalui https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/umum/20211216/2738991/varian-omicron-terdeteksi-di-indonesia/ (diakses Selasa, 18 Januari 2022)

Zubaidah, Neneng.Perguruan Tinggi Bersiap untuk PTM 100 Persen” melalui https://edukasi.okezone.com/read/2022/01/04/65/2527283/perguruan-tinggi-bersiap-untuk-ptm-100-persen. (diakses Selasa, 18 Januari 2022)

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama