[ BERITA ] Peduli Korban Gunung Semeru, Lembaga KM FKM Unand Membuka Donasi


Akhir tahun 2021, Indonesia melewati berbagai berita duka. Salah satunya yaitu erupsinya Gunung Semeru di Jawa Timur pada Sabtu, 4 Desember 2021 lalu yang meninggalkan kesedihan mendalam bagi para korban bencana. Para korban akibat bencana tentunya sangat membutuhkan bantuan dari sesama kita sebagai manusia, baik dalam bentuk tenaga maupun materiel untuk meringankan beban korban yang terkena musibah. Maka dari itu, sebagai bentuk kepedulian terhadap para korban erupsi Gunung Semeru, Lembaga KM FKM Unand menyelenggarakan open donasi. Sejauh ini, lembaga yang telah membuka open donasi tersebut antara lain BEM KM FKM Unand, HIMA IKM KM FKM Unand, HIMA GIZI KM FKM Unand dan  UKM SAFE BEM KM FKM Unand.

Open donasi yang diselenggarakan oleh HIMA IKM KM FKM Unand bekerja sama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatera Barat. Open donasi tersebut diharapkan dapat  bermanfaat bagi korban dan daerah yang terkena dampak bencana. Donasi yang dikumpulkan dalam bentuk uang ini dimulai sejak tanggal 13 Desember 2021 dan berakhir pada 26 Desember 2021 dengan dana yang sudah terkumpul yaitu Rp367.000,00. 

Untuk mekanisme penyalurannya, kita bekerja sama dengan pihak ACT Sumbar. Jadi, kita menyelenggarkan open donasi disini dan nantinya uang yang telah terkumpul akan kita serahkan ke pihak ACT untuk disalurkan langsung kepada daerah yang terkena bencana.” jelas Zil Mahendra selaku Ketua HIMA IKM KM FKM Unand.

Berbeda dengan HIMA IKM, open donasi yang diselenggarakan oleh HIMA GIZI KM FKM Unand bekerja sama dengan Ilmagi sebagai Lembaga Nasional Mahasiswa Gizi Indonesia. Donasi yang dikumpulkan dalam bentuk uang ini dimulai sejak tanggal 12 Desember 2021 dan berakhir pada tanggal 17 Desember 2021 lalu. Selain BEM dan HIMA KM FKM Unand, UKM SAFE BEM KM FKM Unand turut menyelenggarakan penggalangan dana dan bekerja sama dengan ACT Sumatera Barat. Donasi yang dikumpulkan dalam bentuk uang ini dimulai lebih awal dari lembaga lainnya, yakni sejak tanggal 9 Desember 2021 hingga 24 Desember 2021 dengan dana yang sudah terkumpul yaitu Rp295.000,00.

“Melalui open donasi yang diselenggarakan UKM SAFE BEM KM FKM Unand, baik dari Warga KM FKM Unand maupun masyarakat luas sangat berharap dengan adanya penggalangan dana ini dapat sedikit meringankan beban warga sekitar yang terdampak bencana tersebut. Selain itu, kami berharap mampu memberikan semangat kepada korban, jangan ada kesedihan yang mendalam dan  semoga bencana ini segera diselesaikan dengan sesegera mungkin.” ujar Rahmat Al Ikram selaku Ketua UKM SAFE BEM KM FKM Unand.

Sementara itu, berbeda dari lembaga lain UKM Al Kahfi BEM KM FKM Unand  berkoordinasi langsung dengan FKI Rabbani untuk membantu penyebaran informasi penggalangan dana yang diselenggarakan oleh FKI Rabbani sebagai bentuk kontribusi dalam membantu korban terdampak bencana Gunung Semeru. Sehingga, donasi yang masuk dapat dikelola langsung oleh FKI Rabbani. Open donasi tersebut dilaksanakan mulai 7 Desember 2021. 

Kemudian Falah Fauzi, selaku Ketua UKM Al Kahfi menjelaskan lebih lanjut terkait penggalangan dana, “diadakannya open donasi ini diharapkan terutama Mahasiswa FKM dapat terketuk hatinya untuk peduli antarsesama. Dengan ikut berdonasi, apa yang kita berikan dapat bermanfaat bagi warga yang terkena musibah dan tentunya dapat menjadi ladang ibadah juga bagi kita yang melaksanakannya. Untuk warga yang terkena musibah, jangan pernah putus asa jangan pernah menyerah karna ini bisa saja ujian dari Allah dengan ujian, Insya Allah kita yang menghadapinya bisa naik derajat disisi Allah”. Sejauh ini, donasi yang sudah terkumpul dari seluruh lembaga akan disalurkan bagi para korban bencana erupsi Gunung Semeru untuk membantu meringankan beban saudara kita yang telah terdampak bencana.

 

Adisty Fadhilah Pohan dan Vivi Nurul Faiza

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama