Mata Kesma II dan Ngobrol Pintar : “Bersatu dalam Ruang Tengah, Kontribusi untuk Aksi Nyata”

 

Minggu (07/11/2021), Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas (BEM KM FKM Unand) melaksanakan Mata Kesma II dan Ngobrol Pintar yang dilaksanakan secara online melalui aplikasi Zoom Meeting. Acara ini dimulai pukul 14.00 WIB s/d selesai dengan mengangkat tema “Bersatu dalam Ruang Tengah, Kontribusi untuk Aksi Nyata”. Acara ini merupakan acara rutin setiap tahunnya yang diselenggarakan oleh BEM KM FKM Unand oleh Dinas Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa (Adkesma). Tujuan diselenggarakannnya  Mata Kesma II dan Ngobrol Pintar  ini  ialah  untuk menemukan solusi atas permasalahan yang dirasakan mahasiswa FKM Unand bersama pimpinan fakultas.


Gambar 1. Pembukaan oleh MC

Acara tersebut dibuka oleh Nadhira Gusriani selaku MC, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an Syahlan Alif Pratama Jusri,   kata sambutan oleh Muhammad Alfarezi selaku Gubernur BEM KM FKM Unand dan pembacaan doa oleh Rizki Rahmadi. Kegiatan Mata Kesma ini dimoderatori oleh Dea Ayu Putri untuk menyampaikan hasil form curhatan kita dari warga KM FKM Unand.  Dalam kegiatan Mata Kesma II diisi dengan berdiskusi dan tanya jawab seputar permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh warga KM FKM Unand yang telah dikumpulkan sebelumnya.

Gambar 2. Penyampaian hasil curhatan warga FKM Unand oleh moderator

Dalam diskusi menghadirkan Wakil Dekan I, Wakil Dekan II, Ketua Jurusan Kesehatan Masyarakat, dan Ketua Jurusan Gizi FKM Unand untuk membahas permasalahan-permasalahan yang telah dikumpulkan warga KM FKM Unand, dia ntaranya ialah :

1.      Prosedur dan mekanisme pelaksanaan PTM terbatas untuk angkatan 19

2.      Kesiapan sarana dan prasarana menghadapi PTM terbatas

3.      Peluang angkatan 2020 dan 2021 untuk melaksanakan pembelajaran secara luring pada semester genap mendatang

4.      Sistem pembelajaran PTM terbatas bagi jurusan IKM khususnya bagi angkatan 19

5.      Sistem pembelajaran PTM terbatas bagi jurusan gizi khususnya bagi angkatan 19

Dari seluruh permasalahan yang ada, Ibu Ade Suzana Eka Putri, S.K.M., M.CommHealth.Sc., PhD selaku Wakil Dekan I menyampaikan penjelasan mengenai pelaksanaan PTM terbatas untuk angkatan 2019 dan peluang bagi angkatan 2020 dan 2021 untuk melaksanakan pembelajaran secara luring pada semester genap mendatang. “Ada beberapa poin yang akan saya sampaikan yang menjadi pertimbangan keputusan untuk sementara hanya angkatan 19 saja yang melaksanakan PTM terbatas.”, ujar beliau.

 

Gambar 3. Penjelasan PTM terbatas oleh wakil dekan I

Gambar 4. Penjelasan terkait sarana prasarana FKM Unand

 

Terkait sarana prasarana, beberapa hal telah disampaikan oleh Ibu Ade sebelumnya, Bapak Dr. Aria Gusti, S.K.M., M.Kes. selaku Wakil Dekan II hanya menjelaskan bagaimana kondisi sebenarnya terkait kepemilikan gedung FKM dan laboratorium FKM. Sementara dari Ketua Jurusan Kesehatan Masyarakat, Ibu Dr. dr. Dien Gusta Anggraini Nursal, M.K.M., menjelaskan terkait persiapan-persiapan yang telah dilakukan untuk melakukan PTM terbatas. Sejalan dengan penjelasan Ibu Dien, Bapak Dr. Idral Purnakarya, S.K.M., M.K.M.. yang merupakan Ketua Jurusan Gizi mengatakan bahwa metode dan sistem untuk PTM terbatas sama dengan IKM dan disesuaikan dengan arahan dari universitas.

Tambahan informasi juga disampaikan oleh Ibu Ade Suzana Eka Putri, S.K.M., M.CommHealth.Sc., PhD ketika menjawab pertanyaan dari salah satu mahasiswa dari angkatan 2018 yaitu Muhammad Alfarezi yang juga merupakan Gubernur BEM KM FKM Unand bahwasanya untuk ujian proposal belum ada ketentuan baru untuk luring, masih dilakukan daring.

Secara teknis, kegiatan Mata Kesma II ini berjalan cukup baik. Para peserta juga cukup antusias terlihat beberapa mahasiswa FKM Unand dari berbagai angkatan menyampaikan pertanyaan juga aspirasi untuk keberlangsungan pelaksanaan perkuliahan ke depannya.

 

Adisty Fadhilah Pohan dan Lis Natahdiya Laulaa

 UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Aksara

 

 

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama