INFOGRAFIS

 

Senin, 8 November 2021

“4 Fakta Menarik Tentang Hari Pahlawan”


1.      Kenapa harus 10 November?

Tanggal 10 November disebut Hari Pahlawan untuk memperingati pertempuran Surabaya yang terjadi pada tanggal 10 November 1945. Perang ini melibatkan tentara Indonesia dan milisi yang memperjuangkan kemerdekaan melawan pasukan tentara Inggris.

2.      Perang pertama setelah merdeka

Pertempuran Surabaya yang terjadi pada 10 November 1945 adalah perang pertama dan yang paling besar sekaligus tersulit yang dialami Indonesia setelah merdeka.

3.      Bung Tomo, Seorang Pemimpin Revolusi

Bung Tomo memainkan peran sentral dalam Pertempuran Surabaya. Dia mendirikan Radio Pemberontakan (Radio Rebellion), yang mempromosikan persatuan dan semangat juang di kalangan pemuda. "Lebih baik kita hancur lebur daripada tidak merdeka. Semboyan kita tetap: merdeka atau mati!" teriak Bung Tomo membakar semangat rakyat Surabaya.

4.      Rakyat Surabaya terlibat

Pertempuran 10 November merupakan pertempuran yang sangat besar karena tidak hanya melibatkan unsur pasukan bersenjata saja, melainkan juga segenap warga Surabaya. Yang hanya hanya bermodalkan senjata minim dengan berani bersama tentara melawan tentara sekutu dan Belanda.

 

Sumber :

https://duniaku.idntimes.com/geek/culture/dimas-ramadhan-2/fakta-hari-pahlawan

Yolla Dwi Fitri

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Aksara

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama