PRISMA 3.0 : MEWUJUDKAN GENERASI MILENIAL YANG AKTIF DEMI INDONESIA SEHAT 2024

 





          Telah berlangsung dua hari berturut-turut acara Prisma 3.0 Nasional 2021, acara ini berlangsung pada tanggal 30 dan 31 Oktober 2021. Pekan Riset Ilmiah Mahasiswa (Prisma) Nasional yaitu kegiatan yang dilaksanakan oleh kedinasan Pendprofil BEM KM FKM Unand dan memiliki dua kegiatan yaitu ajang perlombaan meliputi lomba karya tulis ilmiah tingkat siswa SMA/sederajat dan mahasiswa se-Indonesia dan lomba essay tingkat mahasiswa se-Indonesia serta kegiatan Seminar Nasional se-Indonesia.

          Tema dari kegiatan ini adalah Revitalizing Youth to Build Indonesias Health in 2024 dengan tujuan yang diharapkan pada Prisma 3.0 ini dapat menjadi wadah bagi setiap siswa dan mahasiswa se-Indonesia untuk berpartisipasi dan menyalurkan ide serta inovasi melalui karya-karya terbaiknya di bidang ilmiah untuk Indonesia sehat 2024.

          Acara pembukaan Pekan Riset Ilmiah Mahasiswa (Prisma) 3.0 Nasional 2021 dimulai dengam pembukaan acara oleh Master of Ceremony, laporan Ketua Pelaksana Prisma 3.0, kata sambutan Gubernur BEM KM FKM Unand, kata sambutan Presiden Mahasiswa Unand, kata sambutan Dekan FKM yang diwakili oleh Wakil Dekan III FKM Unand.

           Pada hari pertama, Sabtu 30 November 2021 diadakan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) tingkat siswa SMA/sederajat dan mahasiswa se-Indonesia secara daring via Zoom Meeting. Peserta yang mengikuti LKTI terdiri dari 3 tim mahasiswa dan 3 tim siswa SMA. Setiap tim mempresentasikan hasil karyanya dengan sangat bagus di depan dewan juri dan partisipan yang ada di ruang Zoom. Sedangkan untuk yang mengikuti lomba esai pengumpulan karyanya dimulai pada 20-26 Oktober 2021. 

          Minggu, 31 Oktober 2021 merupakan hari yang dinanti-nanti bagi para peserta karena pasalnya pada hari ini pengumuman juara akan dilaksanakan sekaligus pelaksanaan seminar yang dilakukan secara daring via Zoom Meeting. Kegiatan pada hari kedua ini adalah pembukaan oleh Master of Ceremony yaitu Uais dan Shabrina Erika selaku MC formal. Kemudian dilanjutkan dengan pembukaan oleh MC non formal yaitu Kartika Putri. Pada hari ini juga dilaksanakan seminar yang mana mengundang 3 narasumber untuk penyampaian materi. 


          Materi pertama disampaikan oleh Bapak Aulia Rahman S.K.M., M.K.M. kemudian dilanjutkan dengan materi kedua oleh Ibu Prf. Dr. dr. Rizanda Machmud. Untuk materi terakhir disampaikan oleh Ibu dr. Martga Bella Rahimi, M. Biomed. Setelah penyampaian materi berakhir, selanjutnya yaitu acara puncak yang mana akan dilaksanakannya pengumuman juara untuk setiap cabang lomba. Para peserta sangat antusias menanti hasil yang akan didapatnya. 

          Perasaan sebagai ketua pelaksana awalnya pasti ada rasa takut, cemas, apalagi baru pertama kali juga menjadi ketua, meskipun sebelumnya sudah pernah ikut kepanitiaan. Awalnya ada keraguan, karena Prisma 3.0 Nasional ini kan termasuk program kerja atau acara besar BEM KM FKM Unand dari tahun ke tahun. Namun, saya sekarang bersyukur, senang juga Prisma 3.0 Nasional berhasil dijalankan. Meskipun dari awal persiapan hingga H-1 banyak sekali kendala, namun akhirnya dengan bantuan kerja sama dengan SC dan OC yang sangat "tagok" semua, Alhamdulillah acara Prisma 3.0 Nasional dapat dijalankan dengan baik, tutur Ketua Pelaksana Prisma 3.0 Nasional 2021.

          Harapannya untuk Prisma di tahun-tahun berikutnya, semoga ke depannya dapat lebih baik lagi, persiapannya lebih matang lagi, semoga juga bisa diadakan secara offline, karena kita semua tahu pasti ada banyak kurangnya kalau acara diadakan secara daring begini,, sambungnya di ujung wawancara. 


Nurroahmi Devi dan Ghefira Vania Saldha 

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Aksara

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama