Ciptakan Generasi Pelopor Keselamatan Masyarakat, dengan Sikap Sigap, Siaga, dan Tanggap Bencana bersama Sensasi PB


Sabtu (30/10/21), Unit Kegiatan Mahasiswa Scouting Action For Empowerment Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas (UKM SAFE BEM KM FKM Unand) melaksanakan kegiatan Sensasi PB (Seminar, Pelatihan, Simulasi Penanggulangan Bencana) yang dilaksanakan secara online melalui aplikasi Zoom Meeting. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Departemen Kepramukaan UKM SAFE BEM KM FKM Unand dan ditujukan kepada Mahasiswa Baru dan Pengurus UKM SAFE BEM KM FKM Unand. Acara kali ini mengangkat tema  “Ciptakan Generasi Pelopor Keselamatan Masyarakat, dengan Sikap Sigap, Siaga, dan Tanggap Bencana”.




Sensasi PB telah berlangsung dua hari berturut-turut, kegiatan ini berlangsung pada tanggal 30 dan 31 Oktober 2021. Pada hari pertama dimulai pukul 08. 30 WIB s/d 14.30 WIB, lalu hari kedua dimulai pukul 07.30 WIB s/d 11.45 WIB. Kegiatan tersebut dimulai dengan registrasi peserta, pembacaan ayat suci Al-Qur’an, kata sambutan Ketua Pelaksana Sensasi PB 2021, kata sambutan Ketua Umum UKM SAFE BEM KM FKM Unand, kata sambutan Gubernur KM FKM Unand,  serta dihadiri oleh Ibu Trisfa Augia, S.Si., Apt., M.Sc selaku Pembina UKM SAFE BEM KM FKM Unand. Turut hadir perwakilan beberapa lembaga lainnya yang ada di FKM Unand seperti UKPM Pena BEM KM FKM Unand, HIMA IKM KM FKM Unand, HIMA Gizi KM FKM Unand, serta English Club BEM KM FKM Unand.

Pada Sensasi PB terdapat 6 materi yang diberikan, dipandu oleh Khairunnisa sebagai MC dari kegiatan ini. Pemateri pertama tentang Implementasi Peran PMI pada Generasi Muda Era Millenial oleh PMI Provinsi Sumatera Barat. Pemateri kedua tentang strategi Pembentukan Sikap Sigap, Siaga dan Tanggap Darurat Bencana Oleh IAKMI. Pemateri ketiga tentang Peran Generasi Muda dalam Penanggulangan Bencana Oleh Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat. Pemateri keempat tentang Antara Covid, Usia dan Usai Oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat. Pemateri kelima tentang Pemanfaatan Media Sosial dalam Upaya Pencegahan Bencana di Masa Pandemi oleh PREDIKT. Pemateri keenam tentang Materi dan Simulasi Dukungan Komunikasi Kebencanaan Oleh ORARI Provinsi Sumatera Barat. Setiap materi telah diberikan, dilanjutkan sesi tanya jawab yang di moderatori oleh Yudi Pradipta, S.K.M, M.PH di hari pertama dan Nadia Putri di hari kedua.

Dengan adanya kegiatan Sensasi PB ini, Muhammad farhan Mantovani selaku ketua pelaksana berharap bahwa peserta bisa dapatkan semua ilmu dan pengalaman kebencanaan di sensasi PB, dan sekiranya ilmu dan pengalaman ini dapat diimplementasikan mau itu saat kuliah, kerja, maupun dalam keseharian para peserta Sensasi PB. Serta juga berkesempatan berinteraksi langsung dengan instansi-instansi terkait yang bisa dijadikan salah satu lapangan pekerjaan Sarjana Kesehatan Masyarakat. Ke depannya Farhan mengharapkan bagi FKM Unand yang fokus kebencanaan menjadikan acara ini sangat cocok dengan apa yang dibutuhin sama FKM Unand, terkhusus UKM SAFE BEM KM FKM Unand dalam menyukseskan visi dan misi FKM Unand dalam manajemen kebencanaan.

 


Annisa Laila Salsabila dan Nadhifah Salsabila

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Aksara

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama