Mengexplore Bakat Melalui Seminar Kepenulisan Nasional 2021

 


 Tema : Explore Bakatmu, Mendunia Bersama Karyamu



          Pada Sabtu (16/10/2021), UKPM Pena BEM KM FKM Unand melaksanakan Seminar Kepenulisan yang dilaksanakan secara Online melalui aplikasi Zoom Meeting dengan mengusung tema “Explore Bakatmu, Mendunia Bersama Karyamu”. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh peserta yang tersebar di seluruh Indonesia dan peserta magang UKPM Pena BEM KM FKM Unand 2021. Kegiatan yang berlangsung selama kurang dari setengah hari ini berlangsung dengan lancar tanpa ada kendala yang berarti. Rangkaian seminar kepenulisan ini dimulai pada pukul 07.30 WIB dan berakhir pada pukul 11.15 WIB yang dipandu oleh dua Master of Ceremony (MC), dengan MC formal yaitu Ghefira Vania Saldha dan MC nonformal yaitu Dea Ayu Putri. 


          Seminar kepenulisan nasional kali ini turut didukung dengan berbagai media partner dan disponsori langsung oleh Brand Make Up Inez yang sempat menampilkan iklan sponsornya sebelum acara berlangsung. Melalui dukungan dan sponsor yang ada, seminar kepenulisan dapat menjangkau seluruh peserta di seluruh Indonesia dan sukses diadakan meski dalam masa pandemi.


          Pembukaan oleh MC formal dilanjutkan dengan berbagai kata sambutan dari ketua pelaksana hingga Pembina UKPM Pena BEM KM FKM Unand, yaitu Pak Aulia Rahman, S.K.M., M.K.M. Kemudian Ibu Wakil Dekan III yaitu Ibu Fivi Melva Diana, S.K.M., M. Biomed juga turut hadir dan memberi kata sambutan membuka Seminar Kepenulisan Nasional 2021 secara resmi. Seminar dilanjutkan dengan penuh semangat oleh peserta yang dipandu oleh Dea Ayu Putri. 


            Pemaparan materi kepenulisan disampaikan oleh penulis terkenal J.S. Khairen atau yang akrab dipanggil Bang Khairen. Ia membagikan beberapa tips dan trik dalam menulis serta pengalamannya saat awal merintis menjadi perintis hingga menjadi penulis ternama. Sembari memberikan materi, seluruh peserta juga dimintai Bang Khairen untuk membuat sebuah tulisan yang temanya sudah dipersiapkan sebelumnnya. Hasil tulisan tersebut akan dibacakan dan dikoreksi bersama-sama di dalam forum. Sesi pemberian materi diselingi dengan QnA santai oleh seluruh peserta bersama pemateri.

           “Alhamdulillah acara pada hari ini berjalan lancar. Para peserta cukup antusias dalam acara seminar tadi. Peserta juga cukup banyak yang aktif dan interaktif dalam sesi tanya jawab maupun meresponn Bang Khairen,” ujar Asa Alvino Wendra selaku Ketua Pelaksana Seminar Kepenulisan Nasional 2021. Kemudian Asa, begitu panggilan akrab beliau, mengungkapkan harapannya melalui seminar ini dapat menumbuhkan semangat yang lebih besar dari para peserta untuk menulis dan berkarya serta ilmu kepenulisan peserta dapat bertambah. Seminar kemudian ditutup dengan sesi dokumentasi yang diambil alih oleh Panitia.

Rahmad Fadhil Caesario dan Yolla Dwi Fitri

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Aksara

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama