INFOGRAFIS

5 Fakta Menarik Sumpah Pemuda

Masyarakat Indonesia pada setiap tahunnya selalu merayakan hari lahirnya Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober. Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.  Nah, dalam pelaksanaan Sumpah Pemuada ada beberapa faktar menarik yang terjadi saat pelaksanaannya, yaitu:

1.              Awalnya tidak disebut “Sumpah Pemuda”

Istilah Sumpah Pemuda baru muncul beberapa hari setelah kongres usai. Akan tetapi, peringatan Sumpah Pemuda tetap didasarkan pada tanggal pembacaan ikrar, yakni 28 Oktober.

2.              Bahasa Belanda ada di mana-mana

Bahasa Belanda sangat mendominasi Kongres Sumpah Pemuda. Ditandai dengan hampir sebagian pembicara dalam Kongres Pemuda II, yang saat itu menggunakan bahasa Belanda.

3.              “Merdeka” jadi kata terlarang dalam Kongres

Yel-yel “Merdeka” yang sudah berulangkali berkumandang, tepatnya sejak Kongres pertama berlangsung, rupanya menjadi kekhawatiran tersendiri bagi Belanda. Sampai-sampai polisi Belanda harus mengawasi dengan ketat jalannya Kongres. Belanda lantas mengeluarkan larangan kata “Merdeka” dalam Kongres.

4.              Hanya ada 6 perempuan yang ikut Kongres

Peserta perempuan yaitu Dien Pantow, Emma Poeradiredjo, Jo Tumbuan, Nona Tumbel, Poernamawoelan, dan Siti Soendari. Dari keenam peserta perempuan tersebut, hanya tiga peserta yang turut menyampaikan pidatonya dalam kongres, yakni Mardanas Safwan, Emma Poeradiredjo dan Siti Soendari.

5.              Naskah Sumpah Pemuda Ditulis oleh satu Orang

Mohammad Yamin yang menjadi Sekretaris dalam kongres turut mengikuti rapat marathon yang digelar 27-28 Oktober 1928. Ia juga berdiskusi bersama utusan lain dari berbagai daerah. Berdasarkan diskusi dalam rapat tersebut, tercetuslah Ikrar Pemuda.

Sumber : Kelas Pintar. 2019. 5 Fakta Menarik Tentang Sumpah Pemuda, Apa Saja?. https://www.kelaspintar.id/blog/edutech/5-fakta-menarik-tentang-sumpah-pemuda-apa-saja-1579/ .  Diakses pada  Jumat 15 Oktober 2021 pukul 15.00

 

Elfifa Nia

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Aksara

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama