DESA BINAAN HIMA IKM KM FKM UNAND 2021 HADIRKAN WEBINAR KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA DAN HIV/ AIDS


          Sabtu (16/10/21), HIMA IKM KM FKM Unand melaksanakan acara webinar Desa Binaan dengan mengangkat tema “Kesehatan Reproduksi Remaja dan HIV/ AIDS” yang dimulai pukul 09.00 WIB. Acara ini dilaksanakan secara online melalui aplikasi Zoom Meeting. Acara ini ditujukan kepada pemuda dan pemudi dari Desa Binaan Kampung Guo, Padang. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan edukasi dan pengetahuan kepada remaja di Kampung Guo terhadap bahaya dan permasalahan terkait kesehatan reproduksi. Acara ini dimulai dengan pembukaan dari MC, lalu dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, kata sambutan dari Ketua Pelaksana Desa Binaan 2021, kata sambutan Ketua HIMA IKM KM FKM Unand, kata sambutan Ketua DPA HIMA IKM KM FKM Unand, kata sambutan Pembina HIMA IKM KM FKM Unand, dan pembacaan doa.



          Acara dilanjutkan dengan pembukaan sesi oleh moderator dan dilanjutkan dengan pretest untuk mengetahui tingkat pemahaman dari audiens sebelum diberikan materi nantinya. Pengisian pretest berlangsung selama 15 menit dan dilanjutkan dengan penyampaian materi 1 oleh Lis Natahdiya Laula tentang “Pentingnya Menjaga Kesehatan Reproduksi Remaja”. Diharapkan dengan adanya acara ini, dapat menambah pengetahuan dari pemuda pemudi dari Desa Binaan Kampung Guo tentang kesehatan reproduksi remaja sehingga dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya hal ini baik di masa sekarang dan yang akan mendatang 


          Materi 2 disampaikan oleh Dr. Yessi Markolinda, S.Si, M.Repro tentang “HIV/AIDS”. Setelah disampaikannya materi, dibuka sesi tanya jawab bagi aundiens lalu ditutup dengan posttest untuk melihat tingkat pemahaman dari sebelum dan sesudah acara webinar Desa Binaan diadakan. Setelah itu, diadakan sesi dokumentasi yang menandakan bahwa rangkaian acara tersebut telah berakhir.


          “Kendalanya mungkin ada pada sasaranny. Hanya beberapa remaja dari Kampung Guo yang ikut bergabung. Hal ini mungkin dikarenakan waktu yang kurang pas. Selain itu, tidak ada akendal yang cukup berarti yang mampu menggangu keberlangsungan acara“, ujar Adinda Zahra Fadillah selaku ketua pelaksana dari Desa Binaan HIMA IKM KM FKM Unand 2021.




Afifah Syabrina Safli 

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Aksara


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama