HASIL RISET & SURVEI KE-5 PARTISIPASI MAHASISWA FKM UNAND DALAM PROGRAM VAKSINASI

 

1.      Apakah anda telah melakukan vaksinasi?

Sudah: 86,5%              Belum: 13,5%

 

Sebuah gambar berisi teks, cuplikan layar, komputer

Deskripsi dibuat secara otomatis

2.      Sudah tahap berapakah vaksinasi yang anda lakukan?

Satu: 25,8%                 Dua: 60,7%           Belum: 13,5%

 

3.      Apa alasan anda melakukan vaksinasi?

Rata-rata responden menjawab:

a.       Untuk mengantisipasi dan melindungi tubuh dari penularan covid-19 dan membentuk antibodi sebagai sistem kekebalan tubuh terhadap covid-19.

b.      Sebagai bentuk kedisiplinan dalam mematuhi protokol kesehatan.

c.       Karena ikut berpartisipasi dalam mencegah penularan covid dan meningkatkan sistem imun dengan vaksinasi tersebut.

d.      Agar dapat memudahkan jika ingin mengurua sesuatu dan bepergian. Karena saat ini sertifikat vaksin sudah menjadi persyaratan untuk bepergian.

e.       Ingin meningkatkan herd immunity dan mempermudah akses aktivitas.

f.       Melakukan vaksinasi Covid-19 sebagai benteng dalam melindungi diri dan orang lain, yaitu bisa mempercepat mempercepat kekebalan kelompok (herd immunity), sehingga penyakit akibat Covid-19 akan semakin sedikit penularannya, kemudian nyawa yang dapat diselamatkan menjadi lebih banyak.

 

4.      Apa alasan anda belum melakukan vaksinasi?

Rata-rata responden menjawab:

a.       Belum sempat.

b.      Belum siap imun tubuh.

c.       Belum vaksin dua karena menunggu jadwal.

d.      Karena menunggu kondisi yang tepat untuk vaksinasi yaitu kesehatan optimal.

 

5.      Menurut anda, apa peran mahasiswa dalam menyukseskan program vaksinasi?

Rata-rata responden menjawab:

a.       Mahasiswa memiliki peran untuk menyebarkan informasi kepada masyarakat luas bahwa vaksinasi itu penting dan dengan vaksin kita bisa melindungi diri sendiru, keluarga, maupun orang-orang terdekat dari paparan covid-19

b.      Mahasiswa sebagai agent of change turut ikut serta dalam melakukan vaksin, maka secara perlahan kasus positif Covid-19 akan berkurang dan hilang. Meski begitu, selama pandemi, Protokol Kesehatan (Prokes) harus tetap dipatuhi, dan selalu memperbaharui perkembangan informasi yang ada, serta pintar memilih informasi yang berkembang di sekitar.

c.       Dapat membantu pemerintah di dalam menciptakan herd imunity di Indonesia jika semua mahasiswa melakukan vaksinasi. Peran lainnya adalah dengan mengajak saudara atau teman-teman nya yang belum vaksin agar vaksin dan dapat memanfaat media sosialnya untuk mengikuti vaksin.

d.      Melakukan vaksinasi, mengajak kerabat untuk ikut serta melakukan vaksinasi, membantu membantah hoax yang beredar terkait dengan vaksinasi yang membuat tidak ingin di vaksin.

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama