SAFE BEACH CLEAN UP 2021 : Ayo Bersama Bersihkan Pantai di Sekitar Kita

 

 

Sabtu (25/09/21), Unit Kegiatan Mahasiswa Scouting Action For Empowerment Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas (UKM SAFE BEM KM FKM Unand) melaksanakan kegiatan Beach Clean Up (Pembersihan Pantai). Beach Clean Up sendiri merupaka kegiatan pembersihan pantai yang dilakukan dengan membersihkan pantai dan mengambil sampah-sampah yang ada di sepanjamg pantai, yang bertujuan untuk meningkatkan rasa kepedulian terhadap kebersihan lingkungan pantai.

Hal yang melatarbelakangi kegiatan ini yaitu untuk menciptakan dan mengembangkan lingkungan yang bersih, menumbuhkan kepedulian terhadap lingkungan pantai maka dari itu kegiatan semacam pengelolaan lingkungan ini dilaksanakan. Acara pembersihan pantai ini juga bisa mempererat silaturahmi antar mahasiswa FKM Unand dengan masyarakat melalui kegiatan SAFE Beach Cleaning Up ini.

Selain anggota UKM SAFE BEM KM FKM Unand sendiri, anggota organisasi lainnya juga turut serta meramaikan kegiatan ini, khususnya bagi warga KM FKM Unand. Semua perwakilan tiap organisasi di lingkup KM FKM hingga klub juga turut  serta. Kegiatan ini dilaksanakan secara luring dikarena pada kegiatan tahun ini kegiatan webinarnya ditiadakan akibat terkendala perihal izin.

Kegiatan ini diawali dengan sama-sama membersihkan pantai yang ada di lingkungan sekitar dengan bukti berupa video yang di-upload di media sosial seperti Instagram. Para peserta kegiatan ini juga turut meramaikan dengan post twibbon dan pamflet di media sosial masing-masing serentak pada jam 10.00 WIB. Untuk pembuatan video tersebut diberi waktu 7-9 hari. Kendala yang dialami selama kegiatan Beach Cleaning Up ini yaitu tidak terlaksananya webinar karena perihal izin, telat dalam pengumpulan video, indikator pembuatan video kurang terpenuhi atau bahkan tidak mengumpulkan video. Total video yang sudah terkumpul sudah sejumlah 78 video termasuk dari pengurus UKM SAFE BEM KM FKM Unand sendiri dan peserta.

Dheana Putri Adila, salah satu penanggung jawab kegiatan Beach Cleaning Up berharap dengan terlaksananya kegiatan UKM SAFE BEM KM FKM Unand ini semoga ke depannya kegiatan-kegiatan lain ke depannya juga dapat berjalan dengan baik dan sesuai harapan.

 

Tiara Annisa Gyatri dan Rani Andari

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Aksara

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama