GERAM 1443 H : Digitalisasi Syiar Dakwah sebagai Momentum Strategis Menuju Generasi Intelektual yang Profesional, Ikhlas dan Humanis

 


Pada hari Sabtu, 25 September 2021, UKM Al-Kahfi BEM KM FKM Unand menggelar pembukaan acara GERAM (atau Gema Syiar Islam) 1443 H. Acara ini diadakan di ruang Zoom Meeting dan dibuka oleh Wakil Gubernur BEM KM FKM Unand. Tahun ini, acara GERAM bertemakan “Digitalisasi Syiar Dakwah Sebagai Momentum Strategis Menuju Generasi Intelektual yang Profesional, Ikhlas dan Humanis” dan terdiri atas dua jenis kegiatan, yaitu Lomba Keislaman dengan cabang lomba Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ), Musabaqah Hifdzil Qur'an (MHQ) Kategori 2 Juz (Juz 30 dan Juz 1), Musabaqah Syarhil Qur'an (MSQ), dan Video Podcast (Bertemakan: “Istiqamah Hijrah Pemuda Melalui Sosial Media”); dan Webinar Keislaman yang terbagi atas Talkshow Inspiratif (TI) yang bertemakan “Suplemen Iman di Tengah Pandemi COVID-19” dan Kajian Kesehatan Islam (KKI) yang bertemakan “Cegah Stupidity di Masa Pandemi, Gencarkan Aksi Sehat)”.

 



Gambar 1 : Pembukaan GERAM 1443 H

 

“Acara GERAM ini bertujuan untuk meningkatkan peran aktif Siswa dan Mahasiswa untuk sama-sama menyemarakkan Syiar Islam di Abad Milenial ini dengan cara-cara Islami yang mengispirasi dari berbagai bentuk kegiatan yang menambah wawasan, antusiasme, dan bersahabat.” Ujar Abdul Qowiy selaku ketua pelaksana acara GERAM 1443 H. Selain pembukaan, hari ini juga digelar perlombaan seperti MTQ dan MHQ, sedangkan dua lomba lainnya telah berjalan sejak tanggal 20 Agustus 2021 hingga 20 September 2021 lalu yang dilakukan dengan mekanisme pengumpulan karya dari para peserta kepada panitia. Kemudian, kegiatan Webinar Keislaman rencananya akan diadakan pada satu hari setelah pembukaan acara, yaitu pada hari Minggu, 26 September 2021.

 

Gambar 2 : Perlombaan MHQ (salah satu perlombaan pada acara GERAM 1443 H)

 

Selain dihadiri oleh para peserta, dewan juri, alumni UKM Al-Kahfi BEM KM FKM Unand, dan panitia, pembukaan acara GERAM 1443 H ini juga dihadiri oleh para tamu undangan baik Pembina UKM Al-Kahfi BEM KM FKM Unand, para perwakilan lembaga di FKM maupun lembaga di luar FKM, seperti Perwakilan FKI Rabbani dan FSI FIB. Acara yang dimulai pada pukul 08.00 WIB dan berakhir pada pukul 12.00 WIB lewat ini, berlangsung dengan sangat baik sesuai dengan harapan dan peserta juga tampak antusias mengikuti perlombaan. “Untuk kendala sendiri Alhamdulillah tidak ada, mungkin untuk kehadiran beberapa tamu undangan yang tidak sempat hadir karena ada acara yang benar-benar tidak bisa ditinggalkan.” Ujar Abdul kembali setelah mengikuti setiap rangkaian kegiatan acara pada hari ini.

Untuk pesan dan kesan dari Abdul Qowiy sebagai ketua pelaksana, “Semoga para panitia bisa lebih meningkatkan komunikasi baik antar bidang maupun antar koordinator dan anggotanya. Semoga acara ini bisa menambah pengalaman serta pengetahuan tentang bagaimana cara mengadakan sebuah acara atau kegiatan dan Abdul di sini masih banyak belajar karena pada dasarnya, ini pertama kalinya dalam diri Abdul menjadi ketua pelaksana untuk sebuah acara. Walaupun ketika di bangku SMA pernah mengadakan acara, tetapi hanya menjadi anggota panitia, mungkin ini kesan pertama yang sangat berkesan ketika Abdul mulai duduk di bangku perkuliahan.

 

Noviana Sinta Dewi. S dan Sonia Asyrifa Ummi Tanjung

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Aksara

 

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama