Pergi Kesana-Kemari Ditagih Kartu Vaksinasi, Apakah Efektif dan Berdampak Positif Terhadap Kenaikan Angka Vaksinasi di Indonesia?


Semenjak dilakukannya vaksinasi di Indonesia, pemerintah berusaha meningkatkan angka vaksinasi di Indonesia dengan berbagai cara salah satunya menjadikan kartu vaksinasi sebagai syarat administrasi. Namun, hal ini justru menimbulkan pro dan kontra bagi masyarakat Indonesia. Beberapa orang yang tidak setuju dengan peraturan tersebut beranggapan bahwa hal tersebut dapat menghambat mobilisasi masyarakat sehingga karena menolak hal tersebut muncul suatu petisi “batalkan kartu vaksinasi” di kalangan masyarakat.

            Sebenarnya, selain masyarakat tidak setuju dengan menjadikan kartu vaksinasi menjadi syarat administrasi, masyarakat masih takut untuk melakukan vaksinasi sehingga hal tersebutlah yang menyebabkan timbulnya petisi tersebut.

            Namun, apabila kita tinjau ulang tentang peraturan tersebut sebenarnya memberikan banyak dampak positif bagi masyarakat maupun di Indonesia sendiri. Ketika kita tinjau dari masyarakat dengan menjadikan kartu vaksinasi sebagai syarat adminitrasi hal tersebut dapat melindungi masyarakat dari virus Covid-19 karena sudah divaksin. Selain itu dengan menjadikan kartu vaksinasi sebagai syarat adminitrasi dapat meningkatkan jumlah vaksinasi di Indonesia.

Selain itu mengenai petisi yang muncul di masyarakat, Iwan Irawan, Ahli Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia memberikan pandangan. Dia menilai jika kartu vaksin Covid-19 dibatalkan sebagai syarat administrasi, maka akan muncul efek domino.  Efek domino itu nantinya akan menyebabkan kasus Covid-19 yang mulai landai bisa kembali meledak di Indonesia.

Maka dari hal tersebut dapat kita simpulkan bahwa dengan menjadikan kartu vaksinasi sebagai syarat administrasi sangat efektif dalam meningkatkan angka vaksinasi, dan juga dapat melindungi masyarakat dari virus Covid 19 sehingga sedikit demi sedikit pandemi Covid 19 di Indonesia dapat ditanggulangi dengan baik.

 

Husnaa Haniifah Wizi

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Aksara

 

 

                 

 

Referensi

Muhaemin, Abdul,2021, Efek Domino, Ahli Epidemiologi Ingatkan Bahaya Jika Kartu Vaksin Covid-19 Dihapus Sebagai Syarat Administrasi

https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-012559619/efek-domino-ahli-epidemiologi-ingatkan-bahaya-jika-kartu-vaksin-covid-19-dihapus-sebagai-syarat-administrasi

Hermawan, Bayu; 2021, Pakar: Risiko Jika Kartu Vaksin tak Jadi Syarat Administrasi

https://www.republika.co.id/berita/qz5jg9354/pakar-risiko-jika-kartu-vaksin-tak-jadi-syarat-administrasi

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama