Menolak Bungkam, KM FKM Unand Serukan Aksi 9 September


Pada hari Kamis malam, 9 September 2021, seluruh elemen KM FKM Unand telah melaksanakan aksi terhadap pihak Kampus Ungu, yaitu Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Andalas. Aksi ini diadakan dengan pemasangan spanduk serta pengeluaran Pakta Integritas yang ditanda-tangani oleh perwakilan Keluarga Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Andalas. Namun, usaha dari mahasiswa ini kabarnya belum tersampaikan secara maksimal kepada para Pimpinan Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Andalas. Hal ini dikarenakan spanduk yang menjadi media aksi tersebut telah diamankan pada Jumat pagi sebelum para pimpinan terkait tiba di kampus. Apa yang sebenarnya sedang terjadi?

Aksi yang dilakukan oleh elemen KM FKM Unand ini bukan tanpa alasan. Setelah dilakukannya restrukturisasi dan pergantian pemimpin Fakultas Kesehatan Masyarakat tahun lalu, terjadi beberapa perubahan terkait birokrasi kampus. Salah satunya yang menjadi sorotan sejak awal adalah hal-hal yang berkaitan dengan Wakil Dekan III. Pergantian Wakil Dekan III ini tampaknya menjadi tantangan baru dalam wilayah Kampus Ungu, dikarenakan perannya yang berhubungan langsung dengan urusan kemahasiswaan.

Kebijakan dan aturan yang diterbitkan secara tiba-tiba, serta adanya tendensi intervensi mendadak dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh setiap lembaga, menjadi awal mula munculnya isu ini. Adanya ketidakjelasan dan inkonsistensi terhadap informasi yang disampaikan, memicu kebingungan dan kesalahpahaman yang kian berlanjut.

Seperti yang disampaikan oleh Muhammad Alfarezi selaku Gubernur KM FKM Unand, bahwasanya aksi ini dilatarbelakangi oleh keluhan dari Lembaga KM terkait permasalahan yang ada. Terutama intervensi dalam pelaksanaan kegiatan mahasiswa serta rumitnya pengurusan administrasi berkegiatan bagi mahasiswa. Pendapat lain juga ditambahkan oleh Naufal Agiel Nasher, selaku Ketua Departemen Kajian Strategis BEM KM FKM Unand.

“Aksi ini muncul karena KM FKM Unand merasakan keresahan yang sama terhadap birokrasi kampus. Latar belakangnya, karena banyaknya keluhan teman-teman lembaga terhadap pimpinan kampus, mulai dari perizinan acara yang dipersulit, ketidaktransparanan pihak kampus terhadap pendanaan acara mahasiswa yang diadakan oleh Lembaga KM FKM Unand, keputusan yang berubah-ubah, dan yang paling perlu digarisbawahi adalah tindakan intervensi yang dilakukan baik itu secara langsung ataupun tidak”.

Pernyataan serupa juga disampaikan oleh para ketua lembaga yang ada di KM FKM Unand. Selain itu, rasa kebersamaan dalam memperoleh hak dan berkegiatan di KM FKM Unand menjadi alasan lainnya mengapa beberapa ketua lembaga tersebut  menyetujui keikutsertaannya dalam pelaksanaan aksi ini dengan cara menandatangani Pakta Intergritas tersebut.

Dari sudut pandang mahasiswa, beberapa kebijakan yang dilakukan oleh Wakil Dekan III tersebut cukup membingungkan dan menciptakan kesan yang tidak nyaman. Hal ini dikarenakan kegiatan yang selama ini dilaksanakan di FKM dirasa tidak pernah merugikan pihak manapun. Seperti yang dijelaskan oleh Fakhmad Siddiq Meidila dan Ahmad Adhitya Risyanda sebagai ketua dari Hima Gizi dan Hima IKM, bahwasanya kegiatan yang direncanakan oleh masing-masing lembaga memiliki manfaat yang positif dan tidak melanggar kode etik dari kampus.

Eka Putri Delni selaku Ketua UKM SAFE BEM KM FKM Unand menyampaikan harapannya terkait pengadaan aksi ini, “Harapannya, aksi ini dapat tersampaikan pesan dan tujuannya dengan baik, serta poin-poin dari aksi ini dapat didiskusikan sehingga menghasilkan keputusan yang tepat bagi mahasiswa dan kampus”.

Harapan serupa juga disampaikan oleh para ketua lembaga sebagai perwakilan dari elemen KM FKM Unand yang menandatangi Pakta Integritas dalam aksi 9 September lalu.

Aksi tersebut masih berlanjut sembari menunggu tanggapan dari pihak pimpinan fakultas terhadap isu yang tengah berkembang di  FKM Unand ini. Hingga saat berita ini diterbitkan, masih belum ada tanggapan yang diberikan oleh Pimpinan Kampus FKM Unand.

Bayu Ananda Nasution dan Anggun Dwi Syakirah

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Aksara

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama