GERMAS 2021: “Creating a Millennial Generation to Be Aware of Protecting the Environment with the Clean and Healthy Living Community Movement”

 


 

 

Gambar 1 Pembukaan Acara Formal Oleh MC

Sabtu, (11/09/21), UKM SAFE BEM KM FKM Unand mengadakan GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Bersih dan Sehat) yang dimulai pada pukul 09.00 WIB. Kegiatan ini merupakan program kerja dari Departemen P3 (Pencegahan dan Penanggulanagan Penyakit) UKM SAFE BEM KM FKM Unand yang berlangsung secara daring melalui Zoom Cloud Meeting.

Kegiatan GERMAS dimulai dengan pembukaan acara oleh MC Formal yaitu Atikah Qurrotul Aini. Acara berlangsung dengan runtut dan khidmat karena dipandu oleh MC yang sangat luar biasa sekaligus sebagai moderator yang diamanahkan untuk memandu acara GERMAS pada tahun ini. Selanjutnya pembacaan ayat suci Al-Quraan oleh Machranda, yang semakin memberikan kedamaian dan ketentraman, sehingga dapat meningkatkan fokus dalam mengikuti acara demi acara pada kegiatan GERMAS tahun ini.

Selain itu, kegiatan ini juga diawali dengan kata sambutan dari Ketua Pelaksana, Ketua Umum UKM SAFE BEM KM FKM Unand, Gubernur BEM KM FKM Unand, serta Pembina UKM SAFE BEM KM FKM Unand 2021 yaitu Ibu Trisfa Augia S.Si, Apt.,  M.Sc yang sekaligus membuka kegiatan GERMAS 2021 secara resmi.

Gambar 2 Kata Sambutan Pembina UKM SAFE

Pada kegiatan GERMAS 2021, ada yang menarik dalam rentetan acaranya, yaitu “Makan Buah dan Sayur”  yang diikuti oleh seluruh pengurus UKM SAFE dan Peserta yang hadir di Room Zoom. Meskipun daring, namun rasa kekeluargaan dan kemeriahan acara GERMAS tahun ini tetap terasa sangat kental. Sesi  ini sangat menambah semangat dan antusias peserta untuk mendengarkan materi dari pemateri-pemateri yang sangat luar biasa.

 

 

Kegiatan GERMAS kali ini menghadirkan pemateri yang sangat berkompeten di bidangnya, yaitu Ibu Dr. dr. Dien Gusta Nursal Anggraini, MKM. Selaku Dosen KM FKM Unand dan Ibu Rara Afiani, S.K.M selaku Public Health Graduate. Memasuki sesi non-formal yang masih dipandu oleh MC yang sama, dimulai Dengan penyampaian materi pertama yakni tentang “Pentingnya Melakukan Cek Kesehatan Berkala di Masa Pandemi” Oleh Ibu Dien. Selain penyampaian materi juga ada games yang diberikan panitia sebagai jeda dan ice breaking antara penyampaian materi satu dan dua, agar bisa mempertahankan fokus para peserta untuk materi selanjutnya.

 Kegiatan GERMAS 2021 berkahir dengan sesi diskusi dan tanya jawab setelah penyampaian materi kedua tentang “ Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan Sekitar Di Masa Pandemi” Oleh Ibu Rara.

“Semua peserta sangat antusias dan aktif saat memasuki sesi tanya jawab setiap selesai penyampaian materi, sehingga dalam sesi ini berlangsung dua arah dan tidak monoton.” Ucap Atikah selaku MC sekaligus moderator dalam memandu kegiatan GERMAS 2021.

Dengan adanya kegiatan GERMAS ini, diharapkan mampu meningkatkan kesadaran peserta akan pentingnya hidup bersih dan sehat sehingga dapat bermanfaat bagi orang banyak.

“Alhamdulillah, acara GERMAS 2021 berjalan dengan lancar meskipun dihadapkan pada beberapa kendala. Namun, atas kerja sama semua panitia, semua kendala dapat teratasi dengan baik.” Ujar Fegi Maidalia Putri selaku Ketua Pelaksana GERMAS tahun 2021.

Di akhir wawancara, Fegi Maidalia Putri menyampaikan harapannya untuk pelaksanaan GERMAS di tahun berikutnya.

“ Harapan Untuk kegiatan GERMAS selanjutnya agar terus memberikan inovasi-inovasi terbaik, dan GERMAS benar-benar dapat dijadikan sebagi ajang untuk meningkatkan kesadaran akan hidup bersih dan sehat yang tentunya sangat bermanfaat bagi siapapun yang mengikuti kegiatan ini.” Sambungnya dalam wawancara yang dilakukan via whatsApp pada tanggal 11 September 2021 pukul 19.45 WIB.

 

Nadhira Gusriani dan Riska Wahyuni

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Aksara

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama