MADING 31


TEMA: TOLERANSI


POJOK QUOTES 

 Menjadi berharga itu tidaklah mudah. Satukan, hargai, dan hormati perbedaan, maka anda akan menjadi berharga di mata orang lain.

Tasya Rivia


Berpasrah pada Tuhan adalah bentuk toleransi paling ikhlas yang dapat kamu lakukan 

ketika dirimu sedang berada di titik paling bawah. 

Afifah Syabrina Safli


POJOK INFO

 Perilaku Toleran dalam Kehidupan Beragama

        Nilai toleransi dan saling menghargai satu sama lain telah menjadi nilai moral yang sudah tertanam di Indonesia. Hal ini disebabkan karena Indonesia merupakan negara dengan berbagai macam adat, budaya, dan juga agama. Pemerintah Indonesia mengakui enam agama. Agama tersebut ialah Islam, Kristen, Katolik, Buddha, Hindu, dan Konghucu. Perbedaan inilah yang membuat Indonesia kaya akan budayanya dan tertanamnya karakter bangsa Indonesia untuk saling menghormati. Perbedaan inilah yang membuat Indonesia kaya akan budayanya dan tertanamnya karakter bangsa Indonesia untuk saling menghormati.

        Dari sini kita bisa melihat, bahwa Indonesia memberikan kebebasan penuh bagi warganya untuk memilih agamanya masing-masing, maka sudah seharusnya tingkat toleransi kita sebagai warga negara harus tinggi agar bisa menyesuaikan hak bebas tersebut. Kehidupan berbangsa dan bernegara, khususnya di Indonesia sudah pasti tidak jauh dari sikap toleransi. 

        Nah, bagaimana ya contoh-contoh perilaku toleran dalam kehidupan beragama? 

1. Melaksanakan ajaran agama yang dianutnya dengan baik dan benar. Menghormati agama yang diyakini orang lain. 

2. Tidak memaksakan keyakinan agama yang dianutnya kepada orang lain. 

3. Toleran terhadap pelaksanaan ibadah yang dianut pemeluk agama lain. Perilaku baik dalam kehidupan keberagaman beragama tersebut harus kita laksanakan. Tidak hanya di lingkungan keluarga, namun juga di sekolah, masyarakat serta dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

        Hal inilah yang menjadi dasar untuk hidup saling berdampingan dalam kehidupan bernegara dan berbangsa. 


Sumber:

https://tirto.id/apa-saja-contoh-perilaku-toleran-dalam-kehidupan-beragama-gboy 

Putri Gloria Armalia


POJOK SASTRA

Di pentas ada atraksi

Tak lupa mengajak Anjasmara

Saling mengerti saling toleransi

Agar bisa rukun sejahtera

Annisa Laila Salsabila

Ikan hiu ikan cupang 

Ada kertas ada logam

Jadi orang jangan bimbang

Kuatkan hati untuk menghargai orang 

Fatimatuz Zahra Batubara


POJOK TIPS

Tips Menumbuhkan Sikap Toleransi

1. Menghormati perbedaan

2. Tidak bergunjing

3. Menjadi pendengar yang baik

4. Berbicara dengan santun

5. Tidak memaksakan kehendak


Sumber:

https://indomaritim.id/cara-menumbuhkan-sikap-toleransi-dalam-kehidupan/

Shabrina Erika


POJOK HUMOR 

 Kisah GusDur: Imbalan Menyelamatkan Seorang Diktator

        Suatu ketika, ada seorang Presiden dan diktator dari Amerika Serikat. Karena kekejaman dan keserakahannya, maka Sang Diktator pun dibenci oleh seluruh rakyatnya. Pada suatu hari, Sang Diktator sedang menunggangi seekor kuda untuk mengelilingi ibukota. Kemudian di jembatan, dirinya tiba-tiba terkejut melihat air sungai yang sangat deras.

        Akhirnya Sang Diktator pun jatuh ke sungai dan terseret arus air yang mengalir sangat deras. Kejadian tersebut tentu menenggelamkan badan Sang Diktator sambil kebawa arus air sungai yang sangat deras.

        Namun, Sang Diktator itu beruntung, karena dirinya ditolong oleh seseorang pemancing miskin dengan cara melemparkan tali dan menyelamatkan hidupnya. Setelah selamat dan aman, akhirnya Sang Diktator itu pun merasa punya utang atas jasa dari seorang pemancing itu. Dengan rasa terima kasih yang sangat besar, Sang Diktator itupun menyatakan kepada pemancing miskin bahwa dirinya adalah seorang Presiden, dan betapa besarnya jasa pemancing itu terhadap negara, karena telah menolong dan menyelamatkan seorang Presiden.

        Sang Diktator pun berkata: "Jasa mu sangat besar. Hadiah apa gerangan yang kamu minta karena telah menyelamatkan diriku?". "Apakah anda menginginkan emas, jabatan, ataupun wanita", tanya lagi Sang Diktator.

        Dengan kelugasan orang kecil dan ternyata orang yang ia tolong adalah seorang Presiden yang diktator, "Satu saja keinginan ku, wahai Pak Presiden. Tolong jangan ceritakan kepada siapapun bahwa saya lah yang menolong Pak Presiden", jawab seorang pemancing miskin itu dengan tenang dan tanpa ragu.


Sumber :

https://akurat.co/humor-lucu-gus-dur-imbalan-menyelamatkan-seorang-diktator?page=2 

Jenifer Hendri



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama