INFOGRAFIS

 

6 Fakta Menarik Kemerdekaan Indonesia

1.      Soekarno Sakit saat Membacakan Teks Proklamasi

Ketika membacakan teks proklamasi di depan rumahnya, Jalan Pegangsaan Timur nomor 56, Cikini, Jakarta Pusat, Soekarno sedang dalam kondisi sakit malaria. Dua jam sebelum membacakan teks proklamasi, pria yang akrab disapa Bung Karno ini masih tertidur.

2.      Teks Asli Proklamasi ditemukan di Tempat Sampah

Naskah asli teks proklamasi yang ditulis tangan oleh Soekarno ditemukan di tempat sampah di rumah Laksamana Maeda.

3.      Dokumentasi Saat Proklamasi Hampir disita Jepang

Seperti halnya naskah asli yang sempat dibuang, dokumentasi proses proklamasi juga tidak disimpan dengan baik. Beruntung, seorang pemuda bernama Frans Mendoer berhasil menyelamatkan dokumentasi itu.

4.      Pembacaan Proklamasi dilakukan saat Bulan Ramadan

Pembacaan Proklamasi dilakukan saat bulan Ramadan 1945, tepatnya pada 9 Ramadan 1334 H. Momen bersejarah ini semakin menambah indahnya Ramadan kala itu.

5.      Teks Proklasmasi disusun di Rumah Perwira Jepang

Rumah perwira Angkatan Laut Jepang, Laksamanan Maeda, di jalan Imam Bonjol No 1 Menteng menjadi saksi penyusunan teks proklamasi. Usai tersusun dengan rapi, teks tersebut ditandatangani oleh Soekarno dan Mohammad Hatta.

6.      Suara Bung Karno saat Membacakan Proklamasi direkam Ulang

Suara Bung Karno saat membacakan proklamasi seperti yang selama ini kita dengar, ternyata tidak direkam langsung saat pembacaan teks proklamasi. Rekaman tersebut memang benar asli suara Bung Karno, tetapi dilakukan pada 1951 di Radio Republik Indonesia (RRI) untuk kebutuhan dokumentasi negara.

 

Alifya Nurhanif Firman

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Aksara

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama