Studi ASIK : Let’s be Healthy without GERD and Create a Better Life

 



            Sabtu (26/06/21), Dinas Hubungan Eksternal BEM KM FKM Unand mengadakan acara Studi Aspiratif dan Inspiratif bersama Sektor Kesehatan (Studi ASIK). Acara ini dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB melalui media Zoom Cloud Meeting. Kegiatan ini wajib diikuti oleh Pengurus BEM KM FKM Unand dan terbuka untuk Warga FKM Unand.

Studi ASIK adalah kegiatan yang dilakukan berupa kunjungan ke sektor kesehatan untuk membahas isu-isu terkait kesehatan, sekaligus ajang pembelajaran bagi mahasiswa. Kegiatan ini bertujuan untuk mengulas dan mengupas masalah kesehatan, menyampaikan aspirasi mahasiswa kesehatan masyarakat kepada sektor kesehatan, dan juga menerima informasi dari sektor kesehatan tersebut. Studi ASIK kali ini mengangkat tema menarik, yaitu “Let’s be Healthy without GERD and Create a Better Life” dengan pemateri yaitu dr. M. Alif Qisthi Abi Rafdhi yang merupakan seorang dokter internship di Puskesmas Sukamerindu.

            Kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh MC, yaitu Shabrina Erika dan Frisnaini Ayuputi Ratnaningtyas. Lalu, diikuti serangkaian lainnya, seperti kata sambutan Kepala Dinas Hubungan Eksternal BEM KM FKM Unand oleh Haisyi Yaumal Israq dan kata sambutan Gubernur BEM KM FKM Unand oleh Muhammad Alfarezi. Kemudian, dilanjut penyampaian materi utama oleh dr. Alif dan sesi tanya jawab yang dipandu oleh MC. Terakhir, penyerahan sertifikat oleh saudara Alfarezi kepada dr. Alif, lalu dokumentasi oleh Diana Rahma Citra, dan diakhiri penutupan oleh MC.


Pada Studi ASIK kali ini, alasan penyakit GERD diangkat sebagai topik utama adalah karena banyaknya mahasiswa yang masih lengah terhadap penyakit mematikan ini akibat pola hidup yang tidak sehat dan terlalu sibuk dengan perkuliahan. Oleh karena itu, diharapkan agar kita sebagai mahasiswa dapat mengatur pola hidup menjadi lebih sehat.

“Alasan mengapa GERD dipilih sebagai tema acara karena GERD merupakan salah satu isu yang kerap terjadi, tapi masih sedikit yang mengetahuinya. Nah, apalagi kita sebagai mahasiswa yang rata-rata masih suka begadang dan telat makan. Untuk itu, tema terkait GERD rasanya tepat diambil agar kita bisa mencegah terjadinya GERD tersebut. Sehubungan diadakannya kegiatan ini alhamdulillah memiliki banyak manfaat yang dapat kita ambil, seperti menjadi lebih mudah mengatur pola hidup sehat, mengetahui makanan apa saja yang baik dihindari untuk mencegah GERD sendiri, dan mengetahui aktivitas yang baik maupun buruk agar dapat hidup sehat tanpa GERD.” ucap Diana Rahma Citra, selaku penanggung jawab Studi ASIK.

Gambar penyerarahan sertifikat

Alhamdulillah, untuk Studi ASIK yang dilaksanakan pada hari ini sudah sesuai dengan harapan. Peserta memenuhi target, acara berjalan dengan lancar, dan dr. Alif sebagai pemateri juga memaparkan materinya dengan sangat jelas. Harapan ke depannya untuk Studi ASIK ini, yaitu semoga bisa mengangkat tema yang lebih menarik agar banyak peserta yang berminat. Lalu, semoga juga ke depannya Studi ASIK dapat mengunjungi sektor-sektor yang lebih berpengaruh.”, ucap Haisyi Yaumal Israq, selaku Kepala Dinas Dinas Hubungan Eksternal BEM KM FKM Unand.

            Seperti yang diucapkan saudari Haisyi tadi, bahwa Studi ASIK pada hari ini berjalan dengan baik dan lancar. Hanya saja, kendala Studi ASIK sendiri sama seperti kegiatan online pada umumnya, yaitu kendala jaringan dari beberapa peserta. Namun, kendala tersebut tidak menyurutkan semangat dan antusias dari seluruh panitia maupun peserta.

 

Leny Chania Putri dan Rani Andari

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Aksara

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama