INFOGRAFIS


Olahraga Saat Pandemi

 

            Selama masa pandemi virus corona (Covid-19) penting bagi semua orang untuk menerapkan protokol kesehatan demi terhindar dari virus. Selain menerapkan protokol kesehatan, yang tak kalah penting untuk diperhatikan selama pandemi yaitu tetap memenuhi asupan nutrisi dengan makanan bergizi seimbang, istirahat yang cukup dan melakukan aktivitas fisik serta berolahraga secara rutin untuk menjaga daya imun tubuh.

            Mengingat selama pandemi penting untuk menjauhi kerumunan, menjalankan olahraga di rumah dapat menjadi pilihan atau jika ingin berolahraga di luar, maka harus mematuhi protokol kesehatan dan menjauhi kerumunan. Terdapat beberapa jenis aktivitas olahraga yang dapat dilakukan rutin di rumah, diantaranya adalah lunges, push-up, squat, sit-up, jumping jack, yoga, lompat tali dan berdiri dengan mengangkat badan:

 

1. Lunges, adalah aktivitas yang berguna melatih keseimbangan tubuh apabila benar-benar dilakukan secara rutin. Gerakan ini meningkatkan kekuatan kaki dan otot di bagian pantat, pinggul, paha bagian dalam dan belakang.

2. Push-up, gerakan push-up dilakukan untuk membantu pembentukan otot tubuh hingga pengurangan berat badan.

3. Squat, gerakan ini bisa bermanfaat meningkatkan kekuatan tubuh dan fleksibilitas punggung maupun pinggul. Gerakan ini juga melibatkan beberapa otot terbesar dalam tubuh, sehingga kalori yang terbakar banyak pula.

4. Sit-up, gerakan ini bermanfaat untuk mengencangkan otot perut.

5. Gerakan lain yang layak dicoba ialah berdiri dengan mengangkat beban yang dapat mengaktifkan banyak otot dan sendi sehingga bermanfaat mengencangkan tubuh, sekaligus melatih kekuatan pada punggung, bahu, dan tubuh bagian atas.

6. Yoga, terdapat banyak gerakan yoga sebagai pilihan olahraga di tengah pandemi yang bermanfaat dalam menjaga kebugaran fisik dan psikis, memperbaiki postur tubuh.

7. Lompat tali (skipping), jenis olahraga ini juga dikenal dengan nama skipping dilakukan dengan cara melompat yang bermanfaat dalam meningkatkan koordinasi tubuh, menjaga kesehatan jantung, dan menguatkan otot kaki.

8. Jumping jack, jenis olahraga ini bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun, olahraga ini dapat menekan risiko penyakit jantung, menguatkan otot paha, betis, bokong, dan bahu.

 

Sumber:

Primaya Hospital. 2020. Rekomendasi Jenis Olahraga di Tengah Pandemi Covid-19.             https://primayahospital.com/covid-19/olahraga-di-tengah-pandemi/ diakses             kamis, 24 Juni 2021 pukul 21:30 WIB

 

Tirto.id. 2021. Tips Olahraga di Rumah saat Pandemi Corona: Durasi Hingga         Gerakan. https://amp.tirto.id/tips-olahraga-di-rumah-saat-pandemi-corona-     durasi-hingga-gerakan-f9jl diakses kamis, 24 Juni 2021 pukul 21:00 WIB

 

 

Nurroahmi Devi

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Aksara


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama