Webinar Edukasi Kesehatan : “Vaksinasi Covid-19 Sudah Berjalan, Masih Adakah Keraguan?”

 




Gambar 1. Pembukaan oleh MC

Sabtu (24/04/21), HIMA IKM KM FKM Unand mengadakan acara Webinar Edukasi Kesehatan (Edukes) secara daring melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting dengan mengangkat tema “Vaksinasi Covid-19 Sudah Berjalan, Masih Adakah Keraguan?”.  Edukes merupakan kegiatan kunjungan ke lembaga atau instansi pemerintah yang relevan terhadap kesehatan masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa KM FKM Unand. Pada kesempatan kali ini, HIMA IKM KM FKM Unand melaksanakan Edukes dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat yang dihadiri langsung oleh Bapak Arry Yuswandy, S.K.M., M.K.M. selaku Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat

Acara Edukes ini dimulai pada pukul 09.15 WIB dan dibuka oleh Atikah Qurratul Aini sebagai moderator, kemudian dilanjutkan dengan pemberian kata sambutan sekaligus pembukaan acara Edukes oleh Pembina HIMA IKM KM FKM Unand yaitu Bapak Ahmad Hidayat, S.K.M., M.P.H. Setelah pembukaan acara oleh Pembina HIMA IKM KM FKM Unand, acara dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Bapak Arry Yuswandi, S.K.M., M.K.M. Materi yang dibahas yaitu mengenai keraguan tentang vaksinasi Covid-19 di kalangan masyarakat mengingat maraknya pro dan kontra mengenai vaksinasi ini.



Gambar 2. Penyampaian materi oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat

Setelah sesi pemberian materi berakhir, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara peserta dan pemateri terkait topik yang diangkat. Seusai sesi tanya jawab, acara dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat pemateri dan disambung dengan penayangan video study tour ke Dinas Kesehatan Sumatera Barat guna memberikan gambaran kepada peserta Edukes bagaimana keadaan di Dinas Kesehatan Sumatera Barat.  Setelah seluruh rangkaian acara selesai, kegiatan ditutup dengan dokumentasi bersama peserta dan pemateri.

Edukes (Edukasi Kesehatan) merupakan kegiatan berupa kunjungan ke lembaga atau instansi pemerintahan yang relevan terhadap kesehatan masyarakat sebagai ajang pembelajaran bagi mahasiswa. Kegiatan Edukes kali ini dilaksanakan dengan Dinas Kesehatan Sumatera Barat dengan tema "Vaksinasi Covid-19 Sudah Berjalan, Masih Adakah Keraguan?". Alasan kami mengambil tema ini karena kan sekarang lagi pandemi, terus juga vaksinasi sudah mulai dilakukan walaupun belum menyeluruh tetapi masih terdapat Pro dan Kontra di masyarakat.  

Nah, tadi selain kita sharing-sharing ilmu dengan narasumbernya yaitu bapak Arry Yuswandi, S.K.M., M.K.M., kita juga melakukan penayangan video study tour yang telah dilakukan oleh Anggota HIMA IKM KM FKM Unand yang ada di Padang. Di dalam video ini juga dijelaskan mengenai prospek kerja lulusan SKM (Sarjana Kesehatan Masyarakat) serta ada tanya jawab juga. Alhamdulillah tadi acara berlangsung dengan lancar walau ada beberapa kendala, seperti pembina dan narasumber yang belum menghadiri acara sehingga adanya keterlambatan dalam memulai acara. Walau begitu, overall acara berjalan dengan lancar bahkan tadi banyak banget yang ingin bertanya saat sesi diskusi, tapi tidak bisa dikarenakan adanya kendala di waktu”, Ujar Afifah selaku Penanggung Jawab Webinar Edukasi Kesehatan 2021.



Gambar 3. Tanya jawab bersama Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat

Saffanah Muthi’, selaku peserta Edukasi Kesehatan 2021 juga turut menyatakan, “Acara ini memberikan banyak ilmu yang bermanfaat, seperti  strategi yang dilakukan untuk mencegah peningkatan terhadap permasalahan Covid-19 di Sumatra Barat, prospek kerja bagi lulusan Kesmas di dinas kesehatan, dan lainnya. Namun, yang sangat disayangkan adalah masih terdapat peserta yang mematikan kamera pada saat acara berlangsung.”

 

Luvita Aura Putri dan Shabrina Erika

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Aksara

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama