UKPM Pena BEM KM FKM UNAND Selenggarakan Pelatihan Redaksi Perdana Tahun 2021

 

Sabtu (10/04/21), UKPM Pena BEM KM FKM Unand melaksanakan Pelatihan Redaksi dengan mengusung tema “Bersinergi Ciptakan Jurnalis Hebat”. Pelatihan Redaksi merupakan program kerja terbaru dari divisi Redaksi dan Editor yang pertama kali di tahun 2021 ini. Pelatihan yang dilakukan secara daring melalui platform Zoom Cloud Meeting ini ditujukan untuk menambah wawasan dan pengetahuan Pengurus UKPM Pena BEM KM FKM Unand terkait redaksi, tata bahasa, dan jurnalistik kepenulisan serta mengamplikasikannya dalam program kerja UKPM Pena BEM KM FKM Unand. Dengan demikian, Pengurus UKPM Pena BEM KM FKM Unand dapat menghasilkan karya yang lebih baik dan sesuai dengan kode etik jurnalistik. Kegiatan ini diwajibkan bagi seluruh Pengurus UKPM Pena BEM KM FKM Unand periode 2021, serta turut mengundang DPP UKPM Pena BEM KM FKM Unand dan Gubernur BEM KM FKM Unand.



Pelatihan Redaksi dibuka oleh Dea Ayu Putri,  selaku MC pada pukul 08.13 WIB, dilanjutkan dengan kata sambutan Ketua Panitia oleh Salsabila Nadya,  kata sambutan Pimpinan Umum UKPM Pena BEM KM FKM Unand oleh Kartika Putri, dan sambutan dari DPP UKPM Pena BEM KM FKM Unand oleh Valda Yasmina Putri. Kemudian disambung dengan kata sambutan sekaligus pembukaan kegiatan Pelatihan Redaksi oleh Muhammad Alfarezi selaku Gubernur BEM KM FKM Unand dan diakhir dengan pembacaan doa oleh Rezky Fauzan.

Pelatihan Redaksi ini mengundang Bapak Fauzan Al-Rasyid sebagai pemateri. Beliau merupakan editor di Russia Beyond dan beliau juga merupakan dosen di Universitas Indonesia. Materi yang disampaikan berupa nilai-nilai yang harus terdapat dalam berita. Selain itu, beliau juga memaparkan elemen penting yang harus ditanamkan kepada setiap jurnalis. Dalam materi ini, Pengurus UKPM Pena BEM KM FKM Unand juga dipaparkan contoh-contoh berita yang tidak sesuai dengan kaidah, serta dituntut untuk berfikir kritis dalam menganalisis berita yang tersebar di berbagai media.

Selain pemaparan materi, pada kegiatan ini  juga diadakan sesi tanya jawab dengan pemateri. Beberapa Pengurus UKPM Pena BEM KM FKM Unand mengajukan pertanyaan yang sangat menarik. Hal tersebut menunjukan keantusiasan pengurus dalam mengikuti pelatihan redaksi ini. Diakhir sesi tanya jawab, Panitia Pelatihan Redaksi menyerahkan sertifikat secara simbolis sebagai tanda terima kasih kepada pemateri yang diwakilkan oleh Pimpinan Umum UKPM Pena BEM KM FKM Unand, Kartika Putri. Sebagai closing statement, Bapak Fauzan Al-Rasyid menambahkan ‘tiga hal penting yang harus dipegang seorang jurnalis yaitu kebenaran, loyalitas pada publik, dan mengutamakan hati nurani’.

Di pelatihan redaksi kali ini juga diadakan game tebak lagu untuk pengurus UKPM Pena BEM KM FKM Unand. Tiga orang pengurus UKPM Pena BEM KM FKM Unand yang beruntung mendapatkan hadiah dari panitia Pelatihan Redaksi. Selanjutnya dilakukan foto bersama sebagai bentuk dokumentasi dari acara Pelatihan Redaksi ini. Sesi dokumentasi tersebut sekaligus menjadi penutup Pelatihan Redaksi UKPM Pena BEM KM FKM Unand 2021.

Salsabila Nadya selaku ketua pelaksana kegiatan berharap dengan diadakannya Pelatihan Redaksi, semua pengurus UKPM Pena BEM KM FKM Unand bisa lebih semangat lagi dalam menghasilkan karya-karya terbaiknya di Pena, sehingga karya UKPM Pena BEM KM FKM Unand dapat lebih dikenal banyak orang.  

 

Reviona Destine dan Lis Natahdiya Laulaa

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Aksara

 

 

 

 

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama