INFOGRAFIS

 Tips Puasa Sehat saat Pandemi Covid-19

Pada saat ini, Indonesia masih hidup berdampingan dengan Covid-19. Virus yang menyerang sistem pernapasan ini memang sangat cepat menyebar dan mudah menimbulkan infeksi, khususnya pada orang yang daya tahan tubuhnya lemah. Oleh karena itu, meski sedang menjalankan ibadah puasa, tidak boleh mengabaikan tindakan pencegahan penularan Covid-19. Kita tetap harus menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan. Nah, agar tetap sehat dan produktif selama menjalani ibadah puasa di tengah pandemi Covid-19, terapkanlah beberapa tips berikut ini!

  1. Penuhi Kebutuhan Nutrisi

Saat berpuasa, kita dilarang untuk makan dan minum mulai dari subuh hingga magrib. Agar tidak kekurangan energi serta vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh,  perlu mengonsumsi makanan bergizi saat sahur maupun berbuka. Lengkapilah menu sahur dan buka puasamu dengan makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks sebagai sumber energi, protein yang dapat menjaga daya tahan tubuh, dan serat untuk melancarkan pencernaan.

  1. Penuhi Kebutuhan Cairan lain

Tetap minum air putih yang cukup, mulai dari berbuka puasa hingga sebelum sahur, agar tubuhmu tidak kekurangan cairan (dehidrasi). Terapkan pola 2-4-2 yaitu 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat malam hari dan 2 gelas saat sahur. Walaupun menggiurkan, kurangi konsumsi minuman yang tidak sehat, seperti minuman yang manis serta minuman berkafein, seperti teh dan kopi, karena dapat memicu dehidrasi.

  1. Rutin Berolahraga

Wajar bila  merasa lebih lemas dan lesu ketika berpuasa. Namun, ini bukan berarti puasa bisa menjadi alasan untuk bermalas-malasan sepanjang hari. Meski sedang berpuasa, dianjurkan harus tetap aktif bergerak dan berolahraga secara rutin. Lakukanlah olahraga 3–5 kali seminggu dengan durasi 15–30 menit. Pilih olahraga yang ringan dan tidak mengeluarkan terlalu banyak keringat, misalnya sit-up, yoga dengan gerakan yang santai, atau lari sore di sekitar rumah dengan menerapkan physical distancing.

  1. Istirahat yang Cukup

Selama bulan Ramadan, tidak sedikit orang yang bangun dini hari untuk melakukan salat. Banyak juga ibu rumah tangga yang bangun sangat awal untuk menyiapkan sahur. Namun, usahakan waktu istirahat cukup. Meski terdengar sepele, cukup atau tidaknya waktu tidur dan istirahat sangat berpengaruh pada imunitas tubuh. Bila kurang tidur dan banyak begadang, ka tubuh lebih mudah terinfeksi kuman penyakit, termasuk Covid-19. Jadi, supaya tetap sehat selama berpuasa, usahakan untuk tidur dan beristirahat yang cukup.

  1. Jalani Ibadan di Rumah

Selama bulan Ramadan, sebaiknya ibadah dari rumah untuk menghindari penyebaran Covid-19.

  1. Urungkan Niat untuk Mudik

Pemerintah telah memberikan imbauan untuk tidak mudik tahun ini. Tujuannya adalah agar kamu dan keluargamu tidak tertular atau tanpa sadar menularkan Covid-19 dan membuat penyebarannya semakin luas. Mengurungkan niat untuk tidak mudik di bulan Ramadan kali ini tidak akan mengurangi kesucian bulan penuh berkah ini. Silaturahmi saat pandemi dapat diganti melalui virtual, seperti video call, Zoom, Skype maupun telepon.

 

Sumber :

https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://www.alodokter.com/sambut-ramadan-di-tengah-pandemi-covid-19-dengan-tips-sehat-dan-produktif-ini&ved=2ahUKEwiKg6PM3O7vAhVCWysKHcQICHoQFjADegQIDxAC&usg=AOvVaw1_c0tgQJd0yYVUascGc0dh. Diakses pada 08 April 2021, pukul 19.00

 

Lis Natahdiya Laulaa

UKPM Pena BEM KM FKM Unand

Generasi Aksara

 

 

 



 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama